Ageina Susanto, Angeline (2024) Program Komunikasi Mitigasi Bencana melalui Gamification pada Event Niskala Camp. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (934kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (638kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (419kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (360kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) |
|
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
Indonesia terletak di kawasan Ring of Fire atau 'Cincin Api' Pasifik, menempatkannya pada urutan ketiga dalam daftar negara yang rawan bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami. Kondisi ini memerlukan perhatian serius terhadap mitigasi bencana untuk mengurangi dampak pada kehidupan manusia dan kerugian material, serta untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di daerah-daerah rawan bencana. Sebagai upaya untuk mengatasi ancaman bencana alam yang sering terjadi, pemerintah bersama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengambil langkah-langkah strategis untuk memperkuat sistem mitigasi gempa bumi dan tsunami. Tujuan magang ini untuk melakukan penyebaran informasi mengenai mitigasi bencana kepada anak- anak di Lebak Selatan. Gugus Mitigasi Lebak Selatan sebagai tempat magang yang cocok untuk pemagang. Gugus Mitigasi Lebak Selatan memiliki tujuan untuk menjadi wadah saling belajar dan berbagi pengetahuan mengenai cara menghadapi dan merespons potensi bencana. Safari Kampung menjadi salah satu program yang dibuat untuk menjalankan visi misi dari Gugus Mitigasi Lebak Selatan. Pemagang menjadi Project Handlers pada kerja magangnya yaitu bertugas untuk melakukan pengawasan dan memastikan bahwa kegiatan berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Sebagai Project Handlers bertugas mulai dari perencanaan, persiapan, riset, pelaksanaan, dan evaluasi. Setelah melakukan kegiatan Safari Kampung dapat disimpulkan bahwa dengan menyampaikan informasi mitigasi bencana kepada anak-anak melalui permainan yang menyenangkan, pengiriman pesannya dapat berjalan lebih efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Mitigasi Bencana, Penangan Proyek, Komunikasi Organisasi |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 16:02 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 16:02 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33602 |
Actions (login required)
View Item |