Perancangan Interactive Storytelling Tentang Pengetahuan Dasar Pertolongan Pertama untuk Anak-Anak Berusia 7-12 Tahun

Christian Gavin, Jason (2024) Perancangan Interactive Storytelling Tentang Pengetahuan Dasar Pertolongan Pertama untuk Anak-Anak Berusia 7-12 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (209kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (377kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (992kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (201kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)

Abstract

Kecelakaan adalah suatu kejadian yang tidak menguntungkan yang terjadi secara tidak terduga, tidak disengaja, biasanya mengakibatkan kerusakan atau cedera. Kecelakaan dapat terjadi dimana saja dan memiliki dampak yang bermacam-macam, mulai dari cedera ringan hingga berat, kehilangan kesadaran, kecacatan permanen, atau bahkan kematian. Walaupun terkadang dianggap sepele, cedera merupakan salah satu masalah kesehatan global karena dampaknya mempengaruhi lebih dari 4,7 juta orang di seluruh dunia. Dampak yang diakibatkan dari cedera seperti meningkatnya angka kecacatan, penurunan tingkat produktivitas, tingginya biaya kebutuhan layanan kesehatan, hingga kematian. Agar dampak buruk dari cedera yang dialami oleh korban dapat diminimalisir dan tidak semakin memburuk, diperlukan respon cepat dan tepat dalam menangani cedera. Penaganan tersebut disebut disebut juga sebagai pertolongan pertama. Walaupun pengetahuan pertolongan pertama merupakan hal yang penting untuk diketahui dan dipelajari semua orang, sangat disayangkan karena berbeda dengan negara- negara maju seperti Australia, UK, Newzealand, Norway, Canada yang telah menerapkan edukasi tentang topik ini bahkan pada siswa-siswi berpendidikan sekolah dasar, pemerataan edukasi dalam lingkup pendidikan tentang topik pertolongan pertama masih belum tersebar secara merata di Indonesia. Hal ini sangat disayangkan karena berdampak kepada rendahnya pemahaman masyarakat tentang pertolongan pertama serta banyaknya masyarakat yang mempercayai dan mempraktikan cara penanganan pertolongan pertama yang salah. Oleh karena itu penulis ingin mengangkat topik ini dengan memberi solusi melalui perancangan sebuah media interaktif yang dapat mengedukasi anak-anak tentang pengetahuan dasar pertolongan pertama agar dapat memutus rantai informasi yang salah seputar pertolongan pertama yang telah tersebar di masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pertolongan Pertama, Edukasi, Kecelakaan, Cedera, Interactive Storytelling
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 11:26
Last Modified: 09 Nov 2024 11:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33811

Actions (login required)

View Item View Item