Rancang Bangun Game RPG sebagai Media Pembelajaran Cloud Computing Menggunakan Algoritma Binary Space Partitioning dan Random Walk

Putratama Hankho, Albert (2024) Rancang Bangun Game RPG sebagai Media Pembelajaran Cloud Computing Menggunakan Algoritma Binary Space Partitioning dan Random Walk. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (227kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (271kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (209kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)

Abstract

Cloud Computing merupakan suatu bentuk evolusi teknologi informasi serta model bisnis untuk menyediakan sumber daya teknologi informasi. Dengan Cloud Computing, seseorang mampu memperoleh akses jaringan sesuai permintaan ke kumpulan sumber data teknologi informasi yang sudah terkelola dan terskala, seperti melalui sebuah server, storage, atau aplikasi. Penerapan cloud computing memerlukan pemahaman mendalam terhadap berbagai aspek, termasuk keamanan, sistem penagihan, dan kinerja layanan. Maka dari itu, untuk mengimplementasikan cloud computing diperlukan pengetahuan yang diperoleh melalui proses pembelajaran terkait cloud computing. Salah satu variasi media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran cloud computing adalah game edukasi dengan genre RPG. Penelitian ini berhasil menerapkan algoritma Binary Space Partitioning dan Random Walk dalam membantu menciptakan level dungeon pada game RPG untuk pembelajaran cloud computing. Hasil evaluasi pengguna terhadap game yang telah dirancang dan dibangun mendapatkan rata-rata kepuasan secara keseluruhan sebesar 76.94% yang hasilnya berdasarkan GUESS masuk ke dalam kriteria baik dengan persentase tertinggi pada aspek audio aesthetics dengan persentase rata-rata 79.44% dan persentase terendah terdapat pada aspek player engrossment dengan rata-rata 73.76%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Binary Space Partitioning, Cloud computing, game edukasi, game RPG, Random Walk
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 11:41
Last Modified: 09 Nov 2024 11:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33863

Actions (login required)

View Item View Item