Implementasi Algoritma Latent Dirichlet Allocation pada Robotic Process Automation untuk Otomatisasi Proses Pembuatan Helpdesk Ticket

Louis Yusita, Olivia (2024) Implementasi Algoritma Latent Dirichlet Allocation pada Robotic Process Automation untuk Otomatisasi Proses Pembuatan Helpdesk Ticket. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (955kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (364kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (287kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (508kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (208kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)

Abstract

PT Mayora Indah Tbk. memiliki helpdesk ticketing system yang digunakan untuk mengelola permasalahan karyawan yang berhubungan dengan divisi IT. Saat ini, pembuatan tiket pada sistem masih dilakukan secara manual oleh karyawan IT Helpdesk dengan membaca email satu per satu sehingga dirasa kurang efektif dan cukup menguras waktu. Terdapat beberapa penelitian terdahulu yang telah mengimplementasikan berbagai algoritma machine learning untuk mengembangkan helpdesk ticketing system. Namun, belum ada penelitian yang melakukan topic modeling dan menggunakan bahasa Indonesia untuk ticketing system. Oleh karena itu, penelitian ini akan dilakukan untuk merancang Robotic Process Automation (RPA) yang dapat mengotomatisasi proses pembuatan tiket dan melakukan topic modeling untuk setiap email dengan menerapkan algoritma Latent Dirichlet Allocation. Topik yang dihasilkan dari proses topic modeling akan dituliskan di bagian deskripsi tiket sehingga dapat mempermudah karyawan IT Helpdesk dalam menentukan prioritas atau tingkat urgensi dari setiap tiket yang telah dibuat, tanpa perlu membaca deskripsi masalah secara keseluruhan. Berdasarkan hasil pengujian model menggunakan Cv coherence score, didapatkan nilai koherensi topik terbaik sebesar 0,8174 dengan 81,081% tingkat akurasi kesesuaian topik per email. Model tersebut telah berhasil digabungkan dalam rangkaian RPA. RPA yang dibuat juga telah berhasil menjalankan seluruh proses yang ada, mulai dari pembacaan email, topic modeling, hingga pembuatan tiket.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Email, Latent Dirichlet Allocation, Sistem Ticketing, Topic Modeling
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 11:53
Last Modified: 09 Nov 2024 11:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33923

Actions (login required)

View Item View Item