Michael Yacob, Reynaldy (2024) Implementasi Tahap Komunikasi Personal Selling pada Bisnis Multilevel Marketing (Studi Kasus Perusahaan Asayama Family Club). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (887kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (516kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (408kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (178kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (175kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pada era digital, komunikasi pemasaran turut berevolusi dan beradaptasi dengan media komunikasi digital. Di tengah gempuran pemasaran digital dan sosial media, nyatanya rekomendasi dari teman atau saudara masih terbukti efektif dalam mengenalkan merek. Menyadari hal tersebut, lahirlah model bisnis yang mengandalkan hubungan intrapersonal sebagai komunikasi pemasaran utamanya, bisnis ini disebut dengan multilevel marketing (MLM). Asayama Family Club (AFC) adalah salah satu perusahaan MLM di Indonesia yang mampu bertahan dan terus berkembang selama lima tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian tahapan komunikasi personal selling pada bisnis multilevel marketing perusahaan Asayama Family Club. Agar dapat mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan teknik puposive sampling pada wawancara terstruktur yang dilakukan untuk mengumpulkan data. Dengan mengacu kepada konsep tahapan personal selling dari Kotler & Keller (2016), hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa sales force Asayama Family Club melakukan personal selling sebagai sarana komunikasi pemasaran sesuai dengan enam aktivitas tenaga penjual pada enam tahap personal selling menurut. Meski begitu, terdapat beberapa aspek yang diadaptasikan oleh sales force Asayama Family Club dengan keadaan lapangan, seperti tahap pertama dan kedua yang dilakukan pada saat pertemuan, serta berfokus hanya pada kebutuhan. Ditemukan juga temuan lainnya seperti penggunaan testimoni pada presentasi dan penanganan bantahan, serta menjaga hubungan dengan prospek yang menolak produk.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Asayama Family Club, Multilevel Marketing, Personal Selling, |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 12:00 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 12:00 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33951 |
Actions (login required)
View Item |