Amran, Marissa (2024) Program TV Funtional dengan Topik “Efektivitas Permainan Tradisional terhadap Pendidikan dan Perkembangan Sosial Anak”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (593kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (158kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (587kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (249kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (118kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Televisi merupakan media yang lebih aktual dan cepat dalam memberitakan informasi kepada publik. Dengan pengemasannya secara audiovisual membuat televisi menjadi media massa yang disukai oleh masyarakat Indonesia karena penyajian kontennya yang bervariatif. Produksi program televisi telah mempertimbangkan keunikan, keanehan, keindahan, dan kemampuan jurnalis dalam mengemas topik menjadi berkilau di televisi. Dalam menyusun program televisi, penulis memilih untuk mengangkat mengenai permainan tradisional di Nusantara. Permainan tradisional sudah jarang ditemui dan dilestarikan, terutama di wilayah perkotaan Indonesia. Program televisi Funtional hadir tidak hanya untuk menghibur, tetapi juga memberikan edukasi kepada masyarakat. Pasalnya, sebagian besar masyarakat Indonesia telah jarang melestarikan permainan tradisional, terutama di wilayah perkotaan. Data yang diperoleh dari Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) 2022, menunjukkan bahwa anak-anak yang berusia 5-12 sebagai pengguna internet sebesar 62,43% dan anak-anak berusia 13-18 tahun sebanyak 99,16%. Tidak heran, anak-anak lebih sibuk bermain gadget, daripada bermain permainan tradisional bersama teman-temannya. Program Funtional dikemas dalam program feature yang terdapat mini games dan variety show di dalamnya. Program Funtional membahas mengenai dampak permainan tradisional kepada anak-anak. Oleh karena itu, penulis membuat episode kedua Funtional untuk mengedukasi masyarakat dengan permainan tradisional dan dampaknya terhadap Pendidikan dan perkembangan sosial anak. Episode kedua berdurasi 60 menit yang dibagi menjadi empat segmen dan dipublikasikan melalui platform YouTube.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Program TV Feature, permainan tradisional, Pendidikan, perkembangan sosial anak. Klaster Skripsi Berbasis Karya: Programming Based Project. |
Subjects: | ?? PN4699-5650 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 12:02 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 12:02 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33962 |
Actions (login required)
View Item |