Ardiyanto, Louis (2024) Pengaruh Ease of Use, Enjoyment, Perceived Risk terhadap Perceived Value dan Customer Satisfaction (Studi pada Pengguna Disney+ Hotstar di JABODETABEK). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (545kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (396kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (288kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (331kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dan industri 4.0 menciptakan teknologi internet. Teknologi internet telah diadopsi oleh berbagai industri, salah satu output keluarannya OTT (Over-The-Top) sebagai produk dari Industri Entertainment. Platform OTT (Over the top) atau yang biasa dikenal dengan Streaming adalah sebuah media dan metode baru dalam pendistribusian konten online entertainment, dengan memanfaatkan internet setiap konten yang dipublikasikan dan dapat diakses oleh para pelanggan tanpa batas ruang dan waktu. Tingkat adopsi OTT yang tinggi dilihat dari peningkatan penggunaan yang mencapai 36.4% di dunia. Di Indonesia jumlah pengguna OTT berbayar mencapai 21 juta pelanggan, hampir 50% pengguna OTT berbayar di Asia Tenggara. Salah satu produk OTT yang banyak diadopsi di Indonesia adalah Subscription Video on Demand. Dengan metode SVOD, para pengguna harus berlanggan sejumlah uang terhadap platform untuk mengakses semua konten yang ditawarkan. Pengguna SVOD (subscription video on demand) di Indonesia pada tahun 2019-2021 terus meningkat menjadi 11.5 juta pelanggan di tahun 2021 dari 3.3 juta pelanggan pada tahun 2019. Disney+ Hotstar merupakan salah satu platform SVOD yang digemari oleh masyarakat Indonesia, dengan jumlah pelanggan mencapai 5 juta pelanggan pada tahun 2022. Namun pada tahun 2023, Disney+ Hotstar mengalami penurunan market share menjadi 20% dan penurunan jumlah pelanggan mencapai lebih dari 1 juta pelanggan. Oleh sebab itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk meneliti pengaruh dari perceived value terhadap Satisfaction atau Customer satisfaction yang didukung oleh faktor ease of use, enjoyment & perceived risk yang menjadi faktor pertimbangan dari perceived value. Dengan penelitian ini ditujukan untuk mencari faktor yang paling mempengaruhi perceived value, serta pengaruh dari perceived value pelanggan terhadap satisfaction. di dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif serta non-probability sampling dengan menggunakan data 134 responden yang diolah menggunakan SmartPLS 4. Temuan dari penelitian ini enjoyment berpengaruh positif terhadap perceived value dan perceived value memiliki pengaruh positif terhadap satisfaction atau Customer satisfaction.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Kemudahan penggunaan, Kesenangan, Persepsi resiko, Persepsi nilai, Kepuasan Pelanggan |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 12:06 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 12:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33976 |
Actions (login required)
View Item |