Lidwino, Ferich (2024) Pengaruh Pesan Kampanye Stop Sexual Violence the Body Shop Indonesia terhadap Perubahan Sikap Generasi Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (605kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (212kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (358kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (230kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (112kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (133kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Saat ini konsumen cenderung mendukung produk atau jasa dari organisasi yang sejalan dengan nilai mereka. Banyak merek mulai bergerak dengan Brand Activism melalui isu spesifik yang mampu mempengaruhi sikap. Seperti The Body Shop Indonesia yang merupakan Brand Activist pertama yang berani memperjuangkan nilai dan kepercayaannya kepada publik dengan kampanye Stop Sexual Violence. Sikap masyarakat yang peduli akan isu kekerasan seksual menjadi hal yang baik untuk mendukung menciptakan lingkungan aman bagi perempuan dalam berekspresi. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif pra- eksperimental dengan one-group pretest-posttest design. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pesan kampanye terhadap perubahan sikap, dengan sampel penelitian generasi Z karena dianggap cukup peduli terhadap isu-isu sosial serta mengetahui atau mengikuti perkembangan mengenai kampanye The Body Shop Indonesia, dan tinggal di Indonesia. Penelitian akan menggunakan teknik penarikan sampel non-probability sampling yaitu purposive sampling. Penelitian menggunakan teori S-R, konsep pesan kampanye, dan konsep sikap. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, uji univariat, uji wilcoxon, dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian, H0 ditolak dan Ha diterima yang membuat ada hubungan sebab akibat antar variabel yaitu pesan kampanye Stop Sexual Violence berpengaruh besar terhadap perubahan sikap generasi Z sebesar 51,5 % selebihnya 48,5% dari variabel lain diluar penelitian ini dan terdapat hubungan kuat antar variabel melalui uji korelasi sebesar 71,8%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Brand activism, Pesan kampanye, Perubahan sikap |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 08:55 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 08:55 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34125 |
Actions (login required)
View Item |