Perancangan Visual Novel Mengenai Analogi Trinitas pada Katolik bagi Remaja Usia 15-19 Tahun

Dharma Christiandy, Alexander (2024) Perancangan Visual Novel Mengenai Analogi Trinitas pada Katolik bagi Remaja Usia 15-19 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (654kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (619kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (518kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (88kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)

Abstract

Bagi remaja Katolik, perlu untuk mengenal iman Katolik. Konsep Trinitas merupakan pewahyuan Allah yang harus dipercaya oleh remaja Katolik. Misteri Allah tidak bisa dipikir hanya dengan logika, tetapi dengan iman. Allah 3 pribadi dalam 1 hakikat secara praktis dapat dijelaskan lewat retorika visual. Analogi menjadi solusi untuk memahami Trinitas secara praktis. Media informasi yang sudah tersedia kurang mendukung proses pengajaran Trinitas Katolik pada target audiens. Maka dari itu, metode yang akan digunakan pada tugas akhir ini adalah perancangan desain dengan pendekatan karya ilustrasi storytelling retorika visual untuk mengandaikan konsep Trinitas dan misteri Allah. Hasil dari tugas akhir ini akan berbentuk media informasi ilustrasi visual novel bertajuk "Kisah Gelora Petualang: Mengungkap Misteri Trinitas Katolik". Visual novel ini akan digunakan sebagai materi pembelajaran atas dasar kebutuhan media pembelajaran yang interaktif dan menarik di kelas bersama dengan media sekunder sebagai pendukung. Narasumber menyebutkan bahwa semakin banyak keterlibatan yang digunakan untuk mempelajari sesuatu, maka pengalaman yang didapat akan semakin banyak. Harapannya agar visual novel ini dapat menjadi media informasi yang dapat mempermudah guru dalam menjelaskan materi Trinitas Katolik lewat analogi kepada target audiens. Kesimpulan dari laporan ini adalah kenaikan skala kepuasan dari Alpha Test ke Beta Test dari visual novel yang sudah dirancang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: storytelling, visual novel, retorika, Katolik, Trinitas
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:07
Last Modified: 11 Nov 2024 09:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34170

Actions (login required)

View Item View Item