Jonea, Aileen (2024) Strategi Komunikasi Personal Selling for Ours Group dalam Pemasaran Produk Asuransi Allianz Life Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (955kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (451kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (207kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (167kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Industri asuransi berperan penting dalam memberikan perlindungan finansial melalui pembayaran premi, dengan agen asuransi memiliki peran kunci dalam menghubungkan perusahaan dengan calon nasabah melalui strategi komunikasi personal selling yang efektif. Strategi ini membantu pemasar membangun identitas kuat, membedakan diri dari pesaing, dan menjelaskan nilai produk asuransi, dengan tujuan utama menciptakan relasi jangka panjang. Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi personal selling For Ours Group dalam memasarkan produk asuransi Allianz Life Indonesia, menggunakan berbagai teori dan konsep, diantaranya personal selling, relationship marketing theory, dan AIDA (attention, interest, desire, and action) model. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma post-positivisme dan dilakukan melalui metode studi kasus deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam serta observasi terhadap pelaksanaan strategi yang dilakukan oleh perancang strategi dan tiga salesperson For Ours Group. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi personal selling yang diterapkan oleh For Ours Group tetap berperan dalam meningkatkan penjualan dan membangun hubungan kuat dengan nasabah. Strategi ini berhasil diimplementasikan terutama oleh agen yang memiliki pengalaman di bidang asuransi di atas satu tahun. Hal ini didasarkan pada teori dan konsep yang ada, serta diterapkan melalui pelatihan intensif seperti mentoring dan training. Pendekatan personal dalam interaksi dengan nasabah dan penerapan yang konsisten memastikan keberhasilan strategi ini dalam membangun hubungan jangka panjang. Dalam temuan ditemukan bahwa agen baru mengalami kendala dalam handling objection. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan For Ours Group memberikan pelatihan yang lebih intensif dan komprehensif bagi agen baru sebelum mereka terjun ke lapangan dan memanfaatkan teknologi seperti media sosial dalam pelatihan agar lebih kompeten di era digital.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Asuransi, Model AIDA, Penjualan Personal, Teori Pemasaran Hubungan |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 09:21 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 09:21 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34221 |
Actions (login required)
View Item |