Carleona, Angeline (2024) Resepsi Mahasiswi Mengenai Insecurity pada Video International Women's Day with #RealSupport oleh Uniqlo. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (4MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (4MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (4MB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (3MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (3MB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Saat ini berbagai masalah sosial terjadi di Indonesia. Hal ini membuat banyak perusahaan ingin ikut serta dalam membantu mengatasi permasalahan tersebut dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan membuat video singkat di media sosial. Di antara permasalahan sosial yang ada, insecurity termasuk yang paling banyak terjadi di kalangan perempuan. Insecurity merupakan suatu kondisi di mana individu memiliki perasaan ketidaknyamanan sehingga merasa khawatir dan kurang percaya terhadap dirinya sendiri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui resepsi khalayak mengenai pesan yang disampaikan dengan konsep storytelling pada video Real Support Uniqlo. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis resepsi milik Stuart Hall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa posisi resepsi khalayak sebagai berikut: (1) pada dimensi framework of knowledge, seluruh informan berada pada posisi negotiated; (2) pada dimensi relations of production, seluruh informan berada pada posisi dominant-hegemonic; (3) pada dimensi technical infrastructure, seluruh informan berada pada posisi dominant-hegemonic. Kemudian, pada penelitian ini juga ditemukan bahwa dalam meresepsikan suatu pesan terdapat beberapa hal yang mempengaruhi khalayak memaknai pesan yang mereka dapatkan dan pesan yang diberikan oleh pembuat pesan diartikan secara berbeda-beda oleh masing-masing khalayak.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Insecurity, Resepsi Khalayak, Teori Resepsi Stuart Hall, Video International Women's Day With #RealSupport by Uniqlo. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 09:26 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 09:26 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34243 |
Actions (login required)
View Item |