Resepsi Mahasiswi Mengenai Insecurity pada Video International Women's Day with #RealSupport oleh Uniqlo

Carleona, Angeline (2024) Resepsi Mahasiswi Mengenai Insecurity pada Video International Women's Day with #RealSupport oleh Uniqlo. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Saat ini berbagai masalah sosial terjadi di Indonesia. Hal ini membuat banyak perusahaan ingin ikut serta dalam membantu mengatasi permasalahan tersebut dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan membuat video singkat di media sosial. Di antara permasalahan sosial yang ada, insecurity termasuk yang paling banyak terjadi di kalangan perempuan. Insecurity merupakan suatu kondisi di mana individu memiliki perasaan ketidaknyamanan sehingga merasa khawatir dan kurang percaya terhadap dirinya sendiri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui resepsi khalayak mengenai pesan yang disampaikan dengan konsep storytelling pada video Real Support Uniqlo. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis resepsi milik Stuart Hall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa posisi resepsi khalayak sebagai berikut: (1) pada dimensi framework of knowledge, seluruh informan berada pada posisi negotiated; (2) pada dimensi relations of production, seluruh informan berada pada posisi dominant-hegemonic; (3) pada dimensi technical infrastructure, seluruh informan berada pada posisi dominant-hegemonic. Kemudian, pada penelitian ini juga ditemukan bahwa dalam meresepsikan suatu pesan terdapat beberapa hal yang mempengaruhi khalayak memaknai pesan yang mereka dapatkan dan pesan yang diberikan oleh pembuat pesan diartikan secara berbeda-beda oleh masing-masing khalayak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Insecurity, Resepsi Khalayak, Teori Resepsi Stuart Hall, Video International Women's Day With #RealSupport by Uniqlo.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:26
Last Modified: 11 Nov 2024 09:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34243

Actions (login required)

View Item View Item