Louis, Elizabeth (2024) Perancangan Board Game Mengenai Etika Berinteraksi terhadap Difabel untuk Anak Usia 5-9 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (7MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (226kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (798kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (827kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (221kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (283kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Situasi yang dialami oleh difabel saat ini adalah banyaknya masyarakat sekitar yang merasa canggung untuk berinteraksi dengan difabel dan memilih untuk tidak berinteraksi sama sekali. Padahal, difabel juga memiliki hak untuk hidup dan dilibatkan dalam masyarakat, berkomunikasi, dan menerima informasi sama seperti masyarakat lainnya. Kurangnya pemahaman masyarakat dapat dilihat dari riset serupa yang menunjukkan bahwa alasan dibalik rasa canggung tersebut adalah ketakutan bahwa perkataan mereka dapat menyakiti difabel dan ketidaktahuan akan apa yang harus dikatakan terhadap difabel. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pengumpulan data campuran dalam bentuk wawancara ahli dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, 64% anak-anak pada kelompok usia 5-9 tahun memiliki point of contact terhadap difabel. Akan tetapi, masih banyak diantaranya yang belum memahami istilah difabel dan juga informasi mengenai etika berinteraksi yang sopan terhadap mereka. Oleh sebab itu, penulis merancang sebuah media informasi interaktif dalam bentuk board game mengenai etika berinteraksi terhadap difabel untuk menjawab kebutuhan tersebut sebagai pengenalan etika berinteraksi terhadap difabel.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | board game, etika, difabel |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 09:28 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 09:28 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34253 |
Actions (login required)
View Item |