Rancang Bangun Aplikasi Mobile Rekomendasi Game Berbasis Flutter dengan Algoritma Content-Based Filtering

Rezki Nugraha, Bryan (2024) Rancang Bangun Aplikasi Mobile Rekomendasi Game Berbasis Flutter dengan Algoritma Content-Based Filtering. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (211kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (234kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (726kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (204kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)

Abstract

Latar Belakang dari penelitian ini adalah dibutuhkannya sistem rekomendasi untuk mencari game yang sesuai dengan minat pemain. Dengan pesatnya perkembangan pasar game, semakin banyak orang yang melakukan kegiatan bermain game. Pada tahun 2022, pasar game untuk komputer pribadi (PC) mencakup 37,9 persen dari seluruh pemain game di seluruh dunia. Salah satu layanan pasar game terbesar dalam PC Gaming adalah Steam yang dikembangkan oleh Valve Corporation dengan lebih dari 184 juta pengguna aktif. Tetapi, dengan pilihan yang terlalu banyak, pengguna layanan dapat menjadi kurang tertarik untuk membeli game. Dengan ini, dibutuhkanlah sebuah sistem rekomendasi untuk memudahkan pemain menemukan game yang sesuai dengan minatnya. Metode/Teori yang digunakan penelitian ini adalah data dari Steam Web API, SteamSpy API, dan file JSON lokal. Metode yang digunakan adalah Content-Based Filtering melalui algoritma Cosine Similarity untuk mendapatkan indeks kemiripan game dengan preferensi pengguna. Flutter digunakan untuk mengembangkan fitur aplikasi dan menampilkan hasil rekomendasi kepada pengguna. Hasil Penelitian yang didapatkan adalah pengembangan aplikasi yang berjalan lancar, dengan metode Content-Based Filtering berhasil memberikan rekomendasi sesuai ekspektasi. Faktor cosine similarity tertinggi yang dicapai adalah 0.6454972244, menunjukkan tingkat akurasi yang cukup baik. Evaluasi aplikasi menggunakan Technology Acceptance Model menunjukkan penerimaan positif dengan nilai "Perceived Usefulness" sebesar 82,6% dan "Perceived Ease of Use" sebesar 86,2%, menunjukkan bahwa pengguna merasa aplikasi ini berguna dan mudah digunakan. Kesimpulannya adalah perancangan dan pengembangan aplikasi berjalan lancar dan memberikan hasil yang baik. Aplikasi yang dikembangkan diterima secara positif oleh mayoritas peserta uji coba.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Content-Based Filtering, Cosine Similarity, Flutter, kemiripan, Steam, SteamSpy API, Steam Web API
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:38
Last Modified: 11 Nov 2024 09:38
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34296

Actions (login required)

View Item View Item