Strategi Customer Relationship Management (CRM) Travel Agent Bali dalam Mendukung Aktivitas Inbound Tourism (Studi Kasus PT Explorasi Nusantara)

Suriananta Nalaprana, Pio (2024) Strategi Customer Relationship Management (CRM) Travel Agent Bali dalam Mendukung Aktivitas Inbound Tourism (Studi Kasus PT Explorasi Nusantara). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (666kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (621kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (382kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (157kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (124kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bisnis Pariwisata, khususnya inbound tourism merupakan salah satu industri yang paling berkembang di Pulau Bali. Dengan tingginya angka wisatawan ke Pulau Bali, tentunya terdapat peran dari biro perjalanan wisata (travel agent) yang berkontribusi aktif dalam membangun hal tersebut. Dalam hal ini, strategi customer relationship management (CRM), khususnya dalam hal B2B marketing yang digunakan oleh perusahaan tentunya mengambil peranan yang penting dalam menciptakan retensi bisnis. Konsep yang akan digunakan adalah CRM Model Value Chain oleh Buttle. Metode Penelitian yang digunakan adalah Studi Kasus dan dengan analisis data kualitatif dengan metode pattern-matching. Sebagaimana tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi CRM dari travel agent Bali, dalam hal ini menggunakan objek PT Explorasi Nusantara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pada trade show, EXPO, dan Event Travel Industry lainnya berperan aktif dalam membangun sinergi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa travel agent Bali (Nexplorer) dalam proses pelaksanaan CRM tidak hanya menggunakan satu strategi, melainkan beberapa strategi yang bersinergi dalam kesatuan dari berbagai pihak seperti hotel, partner agent, tour- guide, transportasi, hingga pemerintah untuk mendukung aktivitas inbound tourism.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Business-to-Business (B2B), Biro Perjalanan Wisata. CRM (Customer Relationship Management), Inbound Tourism,
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:54
Last Modified: 11 Nov 2024 09:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34359

Actions (login required)

View Item View Item