Sandi Rahardjo, Aurelia (2024) Perancangan Flashcard Interaktif Tabel Periodik Kimia Golongan A bagi Siswa SMA. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (139kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (122kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Tabel periodik kimia golongan A adalah materi fondasi kimia kelas X. Unsur pada golongan A sangat dekat dengan kehidupan sehari- hari, namun jumlahnya banyak dan namanya sulit untuk dihafal. Penyajian materi ini juga hanya berupa tabel di buku dan papan terpisah yang disebut dalam FGD kurang interaktif. Jika siswa belajar dengan media yang kurang disukai, proses belajarnya akan kurang optimal dan siswa tidak dapat menyerap materi dengan baik. Jika materi tidak diserap dengan baik, maka siswa akan kesulitan untuk mempelajari materi- materi selanjutnya. Maka dari itu, diperlukan media belajar bantuan berupa flashcard untuk meningkatkan interaktivitas dalam mempelajari tabel periodik kimia. Data primer dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada siswa SMA IPA kelas X- XII dan melakukan FGD bersama guru kimia. Data sekunder dikumpulkan dengan melakukan wawancara bersama wakil akademik dan melakukan observasi. Perancangan ini menggunakan teori game design oleh Tracy Fullerton dengan tiga tahap utama yaitu conceptualization, prototyping, dan playtesting. Keseluruhan desain menggunakan modular grid dengan style ilustrasi kartun.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Kimia, tabel periodik, interaktif, pembelajaran, desain |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 11:02 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 11:02 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34451 |
Actions (login required)
View Item |