Rancang Bangun Game untuk Pembelajaran Struktur Kalimat dan Imbuhan dalam Bahasa Indonesia Menggunakan Algoritma Fisher Yates

Melsya, Rulyanda (2024) Rancang Bangun Game untuk Pembelajaran Struktur Kalimat dan Imbuhan dalam Bahasa Indonesia Menggunakan Algoritma Fisher Yates. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (215kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (255kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (206kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)

Abstract

Rancang bangun game pembelajaran untuk pembelajaran struktur kalimat dan imbuhan dalam bahasa Indonesia dan meningkatkan kesadaran masyarakat terutama pada anak remaja terhadap betapa petingnya bahasa indonesia masih sangat rendah, bahkan banyak anak remaja yang sudah berpendidikan tinggi masih belum memahami tentang kaidah dan standar penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar, data tersebut tercatat dalam uji kemahiran berbahasa Indonesia atau disingkat UKBI dari kemendikbud yang mempunyai data bahwa pada tahun 2021 terdapat 52.389 peserta yang berada di tingkat marginal yang berada di peringkat ke 6 dari 7. Berdasarkan dari masalah yang ada akan dilakukan rancang dan bangun game pembelajaran untuk pembelajaran struktur kalimat dan imbuhan dalam bahasa Indonesia untuk meningkat minat, memberi pengetahuan dan maka dari itu pada penelitian ini dirancang dengan metode gamifikasi dan fisher yates sebagai algoritma untuk melakukan pengacakkan pada soal quiz. Hasil Penelitan pada game pembelajaran imbuhan dan struktur kalimat bahasa Indonesia dari 31 responden yang menunjukkan nilai meningkat dan tidak meningkat. Terdapat hasil yang meningkat pada pengetahuan sebanyak 58.04% dari 18 responden dan hasil yang tidak meningkat sebanyak 41.93% tidak mengalami peningkatan. Selain pengukuran pre-test dan post-test didapatkan juga hasil pengukuran tingkat kepuasan para responden terhadap game, didapatkan nilai hasil pengukuran menggunakan GUESS-18 dan skala likert sebesar 74.17% hal ini menunjukkan bahwa responden "setuju/puas" terhadap game pembelajaran imbuhan dan struktur kalimat bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Bahasa Indonesia, Fisher yates, gamifikasi, game education, remaja
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 11:04
Last Modified: 11 Nov 2024 11:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34458

Actions (login required)

View Item View Item