Tartono K, Sophia (2024) Integrasi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Pembelajaran Berbasis Desain Grafis di Program Desain Komunikasi Visual Universitas Multimedia Nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (209kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (438kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (204kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (893kB) |
Abstract
Kecerdasan buatan (AI) kini telah mengotomisasi, mempermudah, dan mampu melakukan tugas-tugas yang dahulunya hanya dapat dilakukan manusia. Bidang desain grafis terdampak akibat perkembangan AI; mengenerasi seni dan desain hanya dengan input prompt, serta mempermudah proses desain. Perkembangan teknologi AI ini mengubah lingkup kerja desainer grafis. Dilakukan wawancara, survei, dan FGD sebagai metode pengumpulan data. Digunakan metode penelitian Analisis Fenomenologi Interpretatif dimana dikumpulkan data dari berbagai sumber dari substansi masalah dalam lingkup DKV UMN:,Struktural DKV UMN yang terdiri dari Dekan Fakultas Seni dan Desain (FSD) dan Kaprodi DKV UMN, Dosen- dosen DKV UMN, dan mahasiswa-mahasiswa DKV UMN. Dari data tersebut diidentifikasi melalui pengolahan data dan membandingkan dengan para pihak yang setuju dan tidak. Hasil penelitian merupakan deskripsi analitis tentang integrasi, pertimbangan, dan tanggapan para stakeholder atas integrasi AI dalam kurikulum DKV UMN.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Kecerdasan Buatan (AI), Desain Grafis, Perguruan Tinggi, Program Studi DKV |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 11:06 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 11:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34469 |
Actions (login required)
View Item |