Berlant, Irene (2024) Strategi Pemasaran Digital B2B dalam Menciptakan Kesadaran Merek (Studi Kasus PT Osindo Bahagia Bersama). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (999kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (837kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (772kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (461kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (394kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (382kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian studi kasus yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitiannya adalah perusahaan B2B yang beroperasi di Bandung, yaitu PT Osindo Bahagia Bersama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan berbagai pihak yang terkait di perusahaan, termasuk direktur pemasaran, anggota tim pemasaran, dan direktur utama yang terlibat dalam proses pemasaran digital. Penelitian ini menerapkan konsep SOSTAC, sebuah kerangka kerja yang dikembangkan oleh Chaffey dan Chadwick pada tahun 2019, untuk menganalisis langkah-langkah yang diambil oleh PT Osindo Bahagia Bersama dalam merumuskan dan menjalankan strategi pemasaran digital mereka guna menciptakan kesadaran mereknya. Pendekatan SOSTAC, yang terdiri dari Situation (Situasi), Objectives (Tujuan), Strategy (Strategi), Tactics (Taktik), Action (Aksi), dan Control (Kontrol), memberikan kerangka kerja yang komprehensif untuk merencanakan dan mengevaluasi strategi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Osindo Bahagia Bersama berhasil meningkatkan kesadaran mereknya dari 2% menjadi 5% dalam kurun waktu kurang dari 12 bulan yang didukung oleh kegiatan penyebaran konten rutin di Instagram dan TikTok, melakukan optimalisasi website, artikel SEO, dan kegiatan Lomba Logo #OBBMauGlowUp. Penerapan kerangka kerja SOSTAC oleh PT Osindo Bahagia Bersama menunjukkan bahwa pendekatan terstruktur dalam pemasaran digital dapat menghasilkan peningkatan signifikan dalam kesadaran merek. Meskipun hasilnya positif, ada beberapa area yang masih perlu ditingkatkan, seperti pengembangan konten yang lebih diversifikasi, penggunaan alat analitik yang lebih mendalam, serta implementasi sistem manajemen basis data pelanggan yang lebih efisien.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Strategi Pemasaran Digital B2B, SOSTAC, Kesadaran Merek |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 11:08 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 11:08 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34476 |
Actions (login required)
View Item |