Strategi Komunikasi Pemasaran melalui Live Shopping pada Toko Mama Gigi di Platform E-Commerce

Ruth Lapian, Jessica (2024) Strategi Komunikasi Pemasaran melalui Live Shopping pada Toko Mama Gigi di Platform E-Commerce. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mempengaruhi strategi komunikasi pemasaran khususnya melalui pemanfaatan live streaming di platform e-commerce seperti TikTok dan Shopee. Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Mama Gigi sebagai akun kreator dalam melakukan live shopping di platform e-commerce sehingga dapat menciptakan pengalaman berbelanja di era digital. Salah satu cara berbelanja di era digital saat ini melalui live shopping, dimana konsep dari live shopping sendiri adalah penggabungan antara promosi, interaksi, dan transaksi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual melalui smartphone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Konsep yang digunakan adalah komunikasi pemasaran, marketing mix, social commerce, dan customer engagement. Temuan utama menunjukkan bahwa pentingnya memiliki skill komunikasi untuk mengkurasi produk yang sesuai dengan audiens serta melakukan negosiasi dengan seller. Selanjutnya, dengan interaktivitas sebagai faktor paling berpengaruh dalam keterlibatan konsumen dan pengalaman berbelanja online. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang efektivitas live streaming sebagai strategi komunikasi pemasaran dengan menonjolkan pentingnya menciptakan pengalaman belanja yang interaktif dan personal bagi konsumen.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Komunikasi Pemasaran, Live Shopping, Toko Mama Gigi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 11:12
Last Modified: 11 Nov 2024 11:12
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34494

Actions (login required)

View Item View Item