Perancangan Kampanye Interaktif untuk Mengubah Stigma Negatif terhadap Pekerja Lepas Seni dan Desain di Indonesia

Aprilia, Vanny (2024) Perancangan Kampanye Interaktif untuk Mengubah Stigma Negatif terhadap Pekerja Lepas Seni dan Desain di Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (512kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (499kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (535kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sektor kreatif merupakan salah satu sektor industri penting dalam ekonomi masa kini. Selain itu, sektor kreatif juga memiliki peran yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, stigma negatif mengenai pekerja seni dan desain, salah satunya terhadap pekerja lepas seni dan desain. Stigma negatif ini kurang lebih antara lain dianggap pengangguran, dikira hanya gambar-gambar tidak jelas, serta dianggap pemalas. Stigma negatif tersebut berasal dari masalah struktural dan kurangnya kesadaran masyarakat awam mengenai intrikisme dalam proses bekerja seni dan desain, juga kurangnya informasi mengenai proses bisnis pekerja lepas. Gerakan kampanye yang menyusung permasalahan tersebut rata-rata menargetkan masalah struktural dibanding menyasar ke stigma yang dimiliki individual. Permasalahan ini mempunyai resiko memburuk apabila dibiarkan begitu saja, dan lebih banyak pekerja lepas seni dan desain yang dapat terdampak. Dampak buruknya sendiri dari permasalahan ini adalah hilangnya ketertarikan / passion di bidang seni dan desain, perasaan stress hingga depresi, merasa frustasi hingga ingin berpindah karir, dan menurunnya produktivitas. Media kampanye dipilih karena tujuan perancangan berharap merubah pandangan negatif awam terhadap pekerja lepas seni dan desain. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode campuran, berupa metode kualitatif seperti interview serta studi eksisting, dan metode kuantitatif dalam bentuk kuesioner. Metode perancangan yang digunakan adalah Human-Centered Design oleh IDEO.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: stigma negatif, stigma pekerja lepas, seni dan desain
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 11:14
Last Modified: 12 Nov 2024 11:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34612

Actions (login required)

View Item View Item