Widyadhana Parahita, Cornelia (2024) Perancangan Gim untuk Menumbuhkan Empati terhadap Penderita Arachnophobia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (243kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (377kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (248kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Arachnophobia muncul akibat pengalaman traumatis atau dari respons evolusioner. Kurangnya pemahaman masyarakat mengenai fobia disertai oleh mitos dan stereotip, sehingga bisa memperburuk situasi. Selain itu, arachnophobia sering digunakan dalam gim untuk menakuti dibandingkan untuk meningkatkan pemahaman emosional dan empati terhadap penderita. Oleh karena itu, penulis mengusulkan perancangan desain gim dengan tujuan untuk meningkatkan empati terhadap individu yang memiliki arachnophobia. Media diartikan sebagai alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan informasi, gagasan, atau konsep kepada masyarakat. Metodologi penelitian yang akan digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode campuran dari metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancarai dan studi eksisting, serta metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Metode perancangan yang akan digunakan adalah metode Fullerton yang diperkenalkan dalam bukunya, Game Design Workshop. Diharapkan perancangan gim ini bisa memberikan pemahaman tentang arachnophobia dan menumbuhkan empati kepada orang-orang yang memiliki arachnophobia.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Media informasi, empati, fobia, arachnophobia |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 11:17 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 11:17 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34626 |
Actions (login required)
View Item |