Perancangan Gim Mengenai Cerita Rakyat Si Jampang untuk Anak-Anak Usia 9-12 Tahun

Muhammad Farhan Pramuditya, Tengku (2024) Perancangan Gim Mengenai Cerita Rakyat Si Jampang untuk Anak-Anak Usia 9-12 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (136kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (593kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (114kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam era modern ini, media hiburan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, terutama bagi anak-anak. Namun, perkembangan pesat dalam industri hiburan sering kali mengakibatkan pergeseran minat dari cerita-cerita tradisional, termasuk legenda dan cerita rakyat yang memiliki nilai-nilai budaya yang kaya. Oleh karena itu, sebagai langkah untuk mempertahankan warisan budaya dan menghadirkan kembali keindahan cerita-cerita rakyat bagi generasi muda, penelitian ini memilih untuk mengangkat salah satu cerita rakyat terkenal, yaitu Si Jampang, dan mengadaptasikannya ke dalam bentuk media interaktif yang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak-anak sekolah dasar saat ini. Penulis menggunakan metode penelitian hybrid melalui kuesioner, FGD, dan studi referensi untuk memastikan kevalidan informasi yang akan digunakan. Selama proses penelitian, ditemukan bahwa anak-anak sekolah dasar menunjukkan minat yang tinggi terhadap pengalaman interaktif yang melibatkan legenda dan cerita rakyat. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa adaptasi Si Jampang ke dalam media interaktif mampu memperkuat pemahaman anak-anak tentang warisan budaya mereka. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menegaskan pentingnya memanfaatkan teknologi untuk melestarikan dan menghidupkan kembali nilai-nilai budaya tradisional bagi generasi muda.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Cerita, Budaya, Anak, Media, Interaktif, Gim
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 11:26
Last Modified: 12 Nov 2024 11:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34661

Actions (login required)

View Item View Item