Halim, Jovan (2024) Perancangan UI/UX Aplikasi Chore Reminder Menggunakan Metode Gamifikasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (614kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (211kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (280kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Media catatan pengingat adalah aplikasi yang digunakan untuk mengatur jadwal aktivitas sehari-hari serta mengingatkan pengguna akan aktivitas yang sudah dicatat tersebut, maka dari itu, aplikasi pengingat ini sangat berkaitan dengan produktivitas. Produktivitas untuk generasi muda sangat penting karena adalah tahap kehidupan dimana generasi muda produktif mulai memiliki banyak tanggung jawab masing-masing yang terdiri dari berbagai kategori aktivitas yang berbeda-beda seperti aktivitas perawatan rumah tangga seiring dengan aktivitas pendidikan dan pekerjaan. Dengan banyaknya kewajiban sehari-hari, masih tidak sedikit generasi muda produktif yang menghiraukan pentingnya melakukan kewajiban sehari-hari yang disebabkan dari kurangnya motivasi atau keinginan untuk melakukan aktivitas tersebut. Hal ini dapat berdampak buruk pada berbagai faktor kehidupan remaja seperti lingkungan hidup, juga dampak negatif mental dan kesehatan fisik seperti penyakit dan rusaknya kehidupan sosial, oleh sebab itu, penulis berkesimpulan bahwa topik ini cukup penting untuk dibahas dikalangan generasi muda produktif. Penulis mengajukan solusi berupa media interaktif dengan berbasis aplikasi gawai dengan implementasi gamifikasi untuk media catatan pengingat dan sumber dorongan motivasi. Pilihan aplikasi gawai gamifikasi ini karena tingginya anggka penggunaan gawai di Indonesia dan riset yang membuktikan gamifikasi efektif dalam mendorong motivasi melakukan aktivitas dalam suatu media aplikasi pembelajaran atau jadwal pengingat.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Motivasi, Pengingat, Aplikasi, Gawai, Gamifikasi |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 11:31 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 11:31 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34677 |
Actions (login required)
View Item |