Richard Gunawan, Christopher (2024) Menyelidiki Peran Extended Technology Acceptance Model (TAM) terhadap Usage Intention E-Wallet DANA. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (967kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (735kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (319kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (798kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (222kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Dengan terus berkembangnya jaman, digitalisasi atau transformasi digital sudah sepastinya mempengaruhi gaya hidup manusia. Contoh kecil yang paling mudah untuk dilihat adalah kepemilikan perangkat elektronik seperti smartphone yang juga kian bertambah. Berkembangnya era digital dan meningkatnya jumlah pemilik ponsel tentunya berdampak pada industri keuangan di Indonesia. Salah satu top brand E-Wallet yang beroperasi di Indonesia adalah DANA. Akan tetapi, selama bertahun-tahun, DANA E-Wallet selalu berada di posisi ketiga dan sempat mengalami penurunan pengguna. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan teknologi finansial dengan menggunakan perluasan teori Technology Acceptance Model (TAM) melalui perceived usefulness, perceived ease of use, perceived risk, dan reward terhadap intention to use DANA E-Wallet. Penelitian kuantitatif ini menggunakan descriptive research dengan teknik nonprobability sampling, yakni judgmental sampling dimana responden harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Perolehan data berasal dari penyebaran kuesioner yang kemudian data dari jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 122 responden diolah menggunakan software IBM SPSS Statistics 29. Dari lima variabel yang digunakan dalam penilitian ini, terdapat empat hipotesis yang diuji melalui metode multiple linear regression. Dalam penelitian ini terbukti bahwa perceived usefulness and reward berpengaruh positif pada intention to use. Sedangkan, telah ditemukan bahwa faktor perceived ease of use dan perceived risk tidak memiliki pengaruh terhadap intention seseorang untuk menggunakan E-Wallet.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Technology Acceptance Model, E-Wallet, Reward, Intention to Use |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 11:59 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 11:59 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34790 |
Actions (login required)
View Item |