Strategi Peningkatan Revenue Stream melalui Implemetasi Program Loyalitas Pelanggan pada Perusahaan Jalan Tol PT HIJ

Hijjah, Rawiah (2024) Strategi Peningkatan Revenue Stream melalui Implemetasi Program Loyalitas Pelanggan pada Perusahaan Jalan Tol PT HIJ. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (417kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (413kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (600kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (218kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (891kB)

Abstract

Pelanggan memiliki peran penting dalam perkembangan transformasi digital Perusahaan jalan tol. Adanya kebijakan pemerintah mengenai batasan pendapatan Perusahaan jalan tol hanya melalui pembayaran tol serta persaingan layanan berbagai ruas jalan tol yang ketat, membuat pengusaha jalan tol harus mempunyai strategi untuk melakukan retensi pelanggan dan mengembangkan pendapatan. Melalui program loyalitas pelanggan, pelanggan menjadi sumber data untuk dapat dikelola dalam meningkatkan nilai bisnis atau revenue stream bagi Perusahaan. PT HIJ adalah perusahaan swasta yang beroperasi di sektor jalan tol di Indonesia, yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman bagi penggunanya. Melalui implementasi program loyalitas pelanggan dengan pemanfaatan aplikasi digital, PT HIJ bertujuan untuk meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan, serta menciptakan nilai bisnis yang berkelanjutan. Penelitian ini menganalisis model CRM yang diterapkan, mengidentifikasi faktor- faktor kunci keberhasilan, serta menilai dampak pengelolaan data pelanggan melalui program loyalitas terhadap kinerja perusahaan. Dengan menggunakan kerangka kerja Digital Maturity Model Forrester, serta analisis kelayakan proyek dengan menggunakan NPV, IRR, PP dan ROI didapatkan hasil NPV positif dengan IRR sebesar 65,29% dan waktu Payback Period selama 2 tahun, 10 bulan dengan ROI positif. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk implementasi program loyalitas pelanggan yang efektif dan berpontensi untuk menciptakan revenue stream di perusahaan jalan tol.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Program Loyalitas Pelanggan, Customer Relationship Management (CRM), Digital Maturity Model, Aplikasi Digital Point-Reward, Industri Pengelolaan Jalan Tol.
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 12:02
Last Modified: 12 Nov 2024 12:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34804

Actions (login required)

View Item View Item