Perancangan Mobile Website untuk Kampanye Penggunaan Ulang Mainan Anak di Jakarta

Djaya, Fellia (2024) Perancangan Mobile Website untuk Kampanye Penggunaan Ulang Mainan Anak di Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (780kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (508kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (388kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (149kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (859kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Aktivitas bermain memiliki peran yang penting dalam pertumbuhan seorang anak. Contohnya seperti mengembangkan keterampilan kognitif, motorik, psikososial, emosional, dan linguistik. Orang tua rela mengeluarkan banyak uang demi menyenangkan dan mengedukasi anak. Salah satu caranya dengan membelikan berbagai variasi mainan. Pertumbuhan anak sangat cepat dan anak-anak mudah bosan dengan mainan. Sehingga mainan yang dibeli menumpuk, bahkan apabila sudah tidak ada ruang untuk menyimpan, mainan tersebut akhirnya dibuang. Di Indonesia terdapat sedikit kampanye penggunaan ulang mainan anak. Kampanye mengenai penggunaan ulang mainan juga masih kurang diketahui masyarakat. Berdasarkan data yang didapat dari metode penelitian campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif, ditemukan bahwa orang tua di Jakarta sudah mengetahui mengenai masalah sampah mainan, namun belum sadar mengenai dampak yang dihasilkan. Maka dari itu, dibutuhkan solusi untuk mengurangi dampak yang lebih besar dari pembuangan sampah mainan plastik. Cara untuk menanggulangi masalah tersebut yaitu dengan merancang kampanye dengan media utama mobile website agar orang tua beralih dari membeli mainan baru dan menggunakan ulang mainan bekas anak-anak lain yang sudah tidak menggunakannya. Perancangan menggunakan metode 7 Step Cross Communication Planning dan menggunakan kerangka AISAS berdasarkan buku The Dentsu Way (2011).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: penggunaan ulang, mainan , anak, sampah
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 12:06
Last Modified: 12 Nov 2024 12:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34823

Actions (login required)

View Item View Item