Perancangan Interaktif Visual Novel Sudut Pandang Pengidap Dissociative Identity Disorder

Chairunnisa M, Nur Latifah (2024) Perancangan Interaktif Visual Novel Sudut Pandang Pengidap Dissociative Identity Disorder. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (237kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (963kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (234kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Dissociative Disorder memiliki beragam jenis, salah satu disorder disosiatif yang terhebat adalah Dissociative Identity Disorder. DID merupakan salah satu Dissociative Disorder utama dimana seseorang mengalami trauma yang hebat di masa lampau seorang anak, trauma yang dihadapi menciptakan pengidap untuk memecahkan sifat dirinya menjadi kepribadian yang baru. Media informasi yang tersebar sejauh ini masih dijelaskan menggunakan bahasa yang media sehingga sulit dipahami untuk orang awam dan kurang menarik untuk diakses. Tidak hanya itu masih banyak orang-orang yang mempunyai stigma negatif terhadap pengidap DID, mulai dari dianggap mengalami kesurupan, pengidap memalsukan kepribadian gandanya untuk mendapatkan perhatian, pengidap hanya melewati perubahan emosi yang drastis, dan sebagainya, sedangkan faktanya pengidap mempunyai dua kepribadian berbeda yang dapat mengambil alih kontrol tubuhnya. Tujuan dari perancangan interaktif visual novel ini dapat memberikan informasi seputar DID dan pengidapnya dengan memberi gambaran dari kehidupan pengidap DID sehari-hari. Perancangan visual novel interaktif Copious pada akhirnya berhasil dirancang setelah melakukan riset secara kualitatif dan kuantitatif. informasi yang telah didapatkan diaplikasikan ke dalam gim Copious dan dirancang dengan engine Ren'py yang lalu diuji coba dengan target dan psikiater, dari hasil uji tes perancangan dinyatakan memiliki informasi yang mudah dipahami, menarik, dan menarik empati dari target.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Mental disorder, Dissociative Identity Disorder, Informasi
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 12:22
Last Modified: 12 Nov 2024 12:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34884

Actions (login required)

View Item View Item