Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Korea Menggunakan Metode Gamifikasi Octalysis Berbasis Website

Stiven, Stiven (2024) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Korea Menggunakan Metode Gamifikasi Octalysis Berbasis Website. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (212kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (592kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (206kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Bahasa Korea merupakan bahasa utama penduduk Korea Selatan dan Korea Utara sebagai media komunikasi. Dari negara tersebut terdapat gelombang Korea atau Hallyu merupakan fenomena global saat ini. Budaya tersebut menyebar ke seluruh dunia mulai dari Asia, Eropa dan Amerika. Berdasarkan penelitian yang ada, menonton drama televisi dari Korea memberikan pengaruh sebesar 12.7% terhadap peningkatan motivasi belajar generasi-Z. Saat ini sudah tersedia banyak media pembelajaran bahasa Korea baik itu dalam bentuk aplikasi mobile ataupun berbasis website. Akan tetapi media pembelajaran tersebut masih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama dalam pembelajarannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah aplikasi pembelajaran bahasa Korea dengan menggunakan metode gamifikasi Octalysis berbasis website dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa utamanya untuk meningkatkan minat belajar pengguna. Dilakukan pengujian aplikasi oleh beberapa pengguna dengan cara mengisi kuesioner dengan model Hedonic Motivation System Adoption Model. Dalam tahap pengujian, didapatkan rata-rata sebesar 83,88% untuk aspek behavioral intention to use yang berarti pengguna sangat setuju bahwa aplikasi membuat pengguna ingin menggunakannya kembali di masa yang akan datang dan 81,86% untuk aspek immersion yang berarti pengguna sangat setuju bahwa aplikasi menimbulkan perasaan terbawa suasana saat mempelajari bahasa Korea.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Aplikasi Pembelajaran, Bahasa Korea, Framework Octalysis, Gamifikasi, Website
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 12:26
Last Modified: 12 Nov 2024 12:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34897

Actions (login required)

View Item View Item