Sulaiman, Andrei (2015) Penggunaan situs media-sharing Twitch di komunitas penggemar e-sports. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana sebuah situs media-sharing yang bernama Twitch dapat berguna bagi orang-orang yang berada di komunitas penggemar e-sports. Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya hubungan antara dunia e-sports, dengan komunitas penggemar e-sports. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori New Media, teori Sosial Media dan Internet, Virtual Community, Virtual Worlds, dan Online Games, konsep E-sports, Computer Mediated Communication (CMC), dan Media Use. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivis bertipe deskriptifeksploratif. Hasil yang didapatkan dari menganalisis data yang telah didapatkan menunjukkan bahwa situs media-sharing Twitch dapat membentuk komunitas yang tergabung karena adanya kesamaan minat dimana masing-masing anggota komunitasnya terpengaruh oleh motif-motif yang khas dalam memilih mengapa mereka memilih untuk mengakses Twitch dibandingkan media lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 793 Indoor Games and Amusements |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 May 2017 02:26 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 08:29 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35 |
Actions (login required)
View Item |