Analisis Resepsi Audience pada Konten Transmedia Storytelling Gran Turismo Playstation

Arphino Wignjosajono, Dimaschka (2024) Analisis Resepsi Audience pada Konten Transmedia Storytelling Gran Turismo Playstation. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (893kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Gran Turismo merupakan sebuah game yang dibuat oleh Playstation di mana game Gran Turismo adalah game simulator berupa balapan mobil. Dengan ini, Gran Turismo merupakan sebuah game balapan mobil yang paling mendekati dengan balapan mobil di dunia nyata. Selain dari game, Gran Turismo juga membuat sebuah acara realita GT Academy dan film yang berjudul Gran Turismo berdasarkan kisah nyata mengenai Gran Turismo. Dengan ini, khalayak dapat menciptakan suatu cerita pengalaman individu yang berbeda dari game Gran Turismo. Konsep dari fenomena ini disebut dengan Transmedia Storytelling yang di mana adanya suatu partisipasi dari khalayak dalam membangun sebuah cerita dari Gran Turismo tersebut. Penelitian ini menggunakan konsep Transmedia Storytelling oleh Henry Jenkins dengan 7 Principles of Transmedia Storytelling. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas informan menyetujui dengan pengalaman individu yang menarik didapatkan pada game dengan prinsip Performance, satu informan yang memiliki pengalaman individu menarik dari film yang bertujuan untuk menarik perhatian dari sebuah cerita dengan prinsip Subjectivity yaitu pandangan khalayak dalam sebuah cerita, dan tidak ada hal pengalaman individu yang menarik perhatian dari menonton acara realita GT Academy tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Transmedia Storytelling, Gran Turismo, Playstation, Persepsi Khalayak, Game, Film, Acara Realita
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Nov 2024 11:05
Last Modified: 24 Nov 2024 11:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35041

Actions (login required)

View Item View Item