Zalsabillah Sutadi, Sopia (2024) Pengaruh Earning Per Share, Net Profit Margin, Persentase Penawaran Saham kepada Publik, Reputasi Underwriter, dan Ukuran Perusahaan terhadap Underpricing. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (5MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (930kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (685kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (582kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (592kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Underpricing merupakan kondisi ketika harga saham pada saat penawaran umum perdana lebih rendah dibandingkan harga penutupan saham pada hari pertama di pasar sekunder. Underpricing menjadi salah satu strategi bagi perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana dengan menetapkan harga yang rendah agar saham yang ditawarkan kepada masyarakat dapat habis terjual sehingga dana yang dibutuhkan oleh perusahaan dapat terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh earning per share, net profit margin, persentase penawaran saham kepada publik, reputasi underwriter, dan ukuran perusahaan terhadap underpricing. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah perusahaan go public sektor non-keuangan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2023. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan data sekunder yang diuji menggunakan metode regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 105 perusahaan yang telah memenuhi kriteria. Hasil penelitian ini adalah (1) earning per share, net profit margin, persentase penawaran saham kepada publik, reputasi underwriter, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap underpricing, (2) net profit margin berpengaruh positif signifikan terhadap underpricing (3) persentase penawaran saham kepada publik berpengaruh positif signifikan terhadap underpricing, (4) earning per share tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing, (5) reputasi underwriter tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing, (6) ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing. Perusahaan harus meningkatkan penjualan yang disertai dengan efisiensi beban sehingga akan meningkatkan laba dan akan meningkatkan NPM sehingga profitabilitas akan meningkat yang akan menarik minat investor. Perusahaan juga dapat menetapkan persentase penawaran saham yang tinggi kepada publik yang menunjukkan bahwa saham perusahaan semakin likuid sehingga akan menarik minat investor untuk membeli saham yang akan berdampak pada meningkatnya harga penutupan saham pada hari pertama di pasar sekunder sehingga mendorong initial return dan menyebabkan underpricing.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | earning per share, net profit margin, persentase penawaran saham kepada publik reputasi underwriter, ukuran perusahaan, underpricing |
Subjects: | ?? HG ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Accounting |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Nov 2024 11:14 |
Last Modified: | 24 Nov 2024 11:14 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35071 |
Actions (login required)
View Item |