Stephanie, Stephanie (2024) Representasi Suku Rimba dalam Tata Artistik Film "Sokola Rimba" (2013). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (902kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (284kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (412kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (225kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Konstruksi realitas film dapat dibangun dengan tata artistik yang ditampilkan dalam film. Tata artistik dalam film dapat memperlihatkan dunia sesuai dengan realitas yang dimiliki oleh penonton. Tata artistik film merujuk pada penggunaan mise en scene beserta elemen-elemen penyusunnya yang tedapat di dalam film. Melalui tatanan mise en scene dapat menunjukkan ciri budaya yang diperlihatkan melalui film. Film Sokola Rimba (2013) merupakan salah satu film yang menampilkan ciri kebudayaan yang dimiliki oleh suku Rimba. Penulis merasa unsur kebudayaan dalam film ini sangat kuat dan didukung dengan estetika kebudayaan yang dimiliki oleh karakter di dalam film. Oleh karena itu, penelitian ini fokus dengan menganalisa set, props, dan perilaku karakter di dalam film. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data secara observasi dan studi literatur terhadap kajian teori yang berkaitan dengan tata artistik dan kebudayaan suku Rimba. Dengan begitu, penulis mampu mengidentifikasi tata artistik yang merepresentasikan kebudayaan suku Rimba dalam film.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | kebudayaan, mise en scene, Sokola Rimba (2013) |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Nov 2024 11:19 |
Last Modified: | 24 Nov 2024 11:19 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35094 |
Actions (login required)
View Item |