Pengaruh Attitude, Subjective Norm, dan Perceived Behavioural Control terhadap Purchase Intention yang Dimediasi oleh Emotional Value: Telaah pada Social Enterprise Du Anyam

Fitriani Khairunisa, Syifa (2024) Pengaruh Attitude, Subjective Norm, dan Perceived Behavioural Control terhadap Purchase Intention yang Dimediasi oleh Emotional Value: Telaah pada Social Enterprise Du Anyam. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (456kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (523kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Du Anyam merupakan salah satu social enterprise yang telah memberikan kontribusi dalam pencapaian sustainable development goals (SDG) melalui penciptaan produk berkualitas tinggi serta pemberdayaan perempuan di daerah pedesaan. Namun, perusahaan ini menghadapi beberapa tantangan, termasuk memenuhi permintaan konsumen yang beragam, menjaga konsistensi kualitas produk, dan memperoleh penerimaan publik terhadap produk mereka. Pemahaman konsumen yang kurang memadai mengenai produk berkelanjutan juga menjadi tantangan yang perlu dihadapi oleh Du Anyam dalam memasarkan produk yang mereka jual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat beli konsumen dalam membeli produk dari social enterprise seperti Du Anyam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif kuantitatif yang mengintegrasikan emotional value dengan theory of planned behaviour. Pada penelitian ini, sampel non- probabilitas diambil dengan menggunakan teknik judgemental sampling. Data dikumpulkan dari 160 responden melalui kuesioner yang disebarkan secara online, dengan kriteria responden berusia minimal 21 tahun, mengetahui produk Du Anyam, mengetahui Du Anyam sebagai social enterprise, dan belum pernah melakukan pembelian produk Du Anyam. Hasil analisis menggunakan model PLS-SEM menunjukkan bahwa, attitude, perceived behavioural control, dan emotional value memiliki pengaruh positif terhadap purchase intention, sementara subjective norm memiliki dampak tidak langsung terhadap purchase intention melalui mediasi emotional value. Kemudian, emotional value juga terbukti memediasi hubungan antara attitude dan purchase intention. Namun, emotional value tidak ditemukan memiliki efek mediasi pada hubungan perceived behavioural control dengan purchase intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: social enterprise, purchase intention, emotional value, perceived behavioural control, subjective norm, attitude
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Nov 2024 11:21
Last Modified: 24 Nov 2024 11:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35105

Actions (login required)

View Item View Item