Konstruksi Realitas tentang Isu ASI vs Susu Formula (Studi terhadap Pemberitaan Kompas.com dan Tempo.co 2021-2022)

Herdhianto Dirgantoro, Kokok (2024) Konstruksi Realitas tentang Isu ASI vs Susu Formula (Studi terhadap Pemberitaan Kompas.com dan Tempo.co 2021-2022). Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (203kB)

Abstract

Media massa memiliki potensi sebagai kawan dan lawan yang kuat dalam mempromosikan Air Susu Ibu eksklusif. Media dapat membantu memasukkan permasalahan menyusui ke dalam agenda kebijakan, menggambarkan pemberian ASI sebagai hal yang sehat dan normatif, serta mempengaruhi tindakan ibu menyusui. Media terlibat dalam mengonstruksi realitas sosial, menggunakan strategi dan taktik untuk menarik perhatian dan menekankan peristiwa tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang konstruksi realitas ASI dan susu formula di Kompas.com dan Tempo.co dengan menggunakan teori konstruksi realitas sosial dan teori hirarki pengaruh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode framing dari Robert Entman. Hasil temuan menunjukkan bahwa Kompas.com menerapkan pendekatan ilmiah dan komprehensif dalam pemberitaan ASI vs Susu formula. Sedangkan Tempo.co menggunakan pendekatan kemanusiaan karena secara jelas pro-ASI dan mengutamakan kepentingan publik lain, terutama dalam konteks kesehatan anak dan mendukung prinsip Hak Asasi Manusia. Kedua media ini menggunakan unsur- unsur berita layak, seperti kebaruan dan ketokohan, untuk membentuk prasangka masyarakat. Dalam hierarki pengaruh, tingkat individu, rutinitas media, dan organisasi media memainkan peranan penting dalam pembuatan berita.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Air Susu Ibu, Hierarki Pengaruh, Konstruksi Realitas, Media, Susu Formula
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Nov 2024 11:23
Last Modified: 24 Nov 2024 11:23
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35112

Actions (login required)

View Item View Item