Efektivitas Iklan Media Sosial dalam Meningkatkan Penjualan di Dealer Otomotif Brand X

Ferdy Berliano, Albertus (2024) Efektivitas Iklan Media Sosial dalam Meningkatkan Penjualan di Dealer Otomotif Brand X. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (266kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (392kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (435kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (153kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (111kB)

Abstract

Industri otomotif Indonesia memiliki peranan penting dalam merefleksikan pertumbuhan ekonomi nasional dimana pada tahun 2024 ini memiliki proyeksi yang sangat baik mengingat potensi Indonesia pada sektor ini cukup besar. Fenomena COVID-19 sangat berdampak besar terhadap industri otomotif sehingga banyak terobosan yang dilakukan pabrikan terkait dengan cara pemasaran. Banyak adaptasi yang dilakukan seperti pemasaran B2C melalui media sosial. Berdasarkan penelitian dan teori sebelumnya, Social Media Advertising diketahui dapat meningkatkan minat pembelian pelanggan. Namun, terdapat perbedaan antara teori dan fakta di lapangan. Meskipun banyak strategi pemasaran media sosial menghasilkan respons positif, namun aktual penjualan tidak sebanding dengan ekspektasi perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari aktivitas Social Media Advertising dalam meningkatkan Purchase Intention pada dealer otomotif dengan melalui mediasi Brand Trust, Customer Engagement, dan Content Credibility. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif melalui metode survei kepada pengikut Instagram diler X dengan jumlah 351 responden yang dilakukan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Advertising tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention secara langsung sehingga diperlukan adanya mediasi pada beberapa variabel seperti Brand Trust, Customer Engagement, dan Content Credibility. Implikasi pada penelitian ini diharapkan mampu menjadi masukan bagi diler X dalam menjalankan kegiatan pemasaran media sosial.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Social Media Advertising, Brand Trust, Customer Engagement, Content Credibility, Purchase Intention
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Nov 2024 11:00
Last Modified: 25 Nov 2024 11:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35125

Actions (login required)

View Item View Item