Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Mobile Learning Management Systems pada Siswa-siswi Sekolah Menengah Atas sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Menggunakan Model UTAUT

Amelia, Anita (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Mobile Learning Management Systems pada Siswa-siswi Sekolah Menengah Atas sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Menggunakan Model UTAUT. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (8MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (633kB)

Abstract

Pengimplementasian Kurikulum Merdeka telah mentransformasi pendidikan Indonesia ke arah digital. Proses pembelajaran turut disesuaikan dengan kebutuhan siswa Generasi Z yang melek teknologi. Konsekuensinya, banyak sekolah menerapkan mobile learning, dimana siswa dapat mengakses materi belajar melalui perangkat seluler. Salah satu aplikasi untuk tujuan tersebut adalah mobile Learning Management System (m-LMS). Terlepas dari manfaatnya, studi pendahuluan dan observasi di lapangan menunjukkan penggunaan m-LMS tidak setinggi yang diharapkan sehingga menjadi kurang efektif. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kefektifan suatu sistem tergantung pada penerimaan sistem tersebut dan penerimaan ini dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis faktor yang mempengaruhi penerimaan siswa SMA terhadap m-LMS sebagai penerapan Kurikulum Merdeka dengan pendekatan UTAUT. Variabel penelitian terdiri dari performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, dan perceived enjoyment dengan jenis kelamin dan jenis sekolah sebagai variabel kontrol. Cross-sectional data dikumpulkan melalui survey online dengan purposive sampling terhadap 420 responden dari tujuh sekolah di Tangerang dan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Square(SEM-PLS). Hasil menunjukkan behavioral intention dipengaruhi oleh performance expectancy, perceived enjoyment, social influence, dan selanjutnya behavioral intention dan facilitating conditions berpengaruh terhadap actual use. Jenis kelamin tidak berpengaruh signifikan pada actual use, namun jenis sekolah berpengaruh signifkan pada actual use Temuan penelitian diharapkan memberikan khasanah baru tentang faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan m-LMS di tingkat SMA serta membantu manajemen sekolah dan pengembang aplikasi m-LMS untuk memahami faktor-faktor yang signifikan untuk menciptakan aplikasi m-LMS yang efektif bagi siswa.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Kurikulum Merdeka, penerimaan teknologi, mobile learning, m- LMS, pendekatan UTAUT
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Nov 2024 11:04
Last Modified: 25 Nov 2024 11:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35138

Actions (login required)

View Item View Item