Studi Empiris Customer Passive Innovation Resistance dan Potensi Countermeasure untuk Niat Penggunaan Servis Weverse

Rizkianti, Faradila (2024) Studi Empiris Customer Passive Innovation Resistance dan Potensi Countermeasure untuk Niat Penggunaan Servis Weverse. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (897kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (190kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (727kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (89kB)

Abstract

Weverse, sebuah platform komunitas penggemar terkemuka, baru-baru ini memperkenalkan empat layanan BMI baru, memicu umpan balik negatif di seluruh platform online. Untuk memahami dasar-dasar sentimen negatif di antara konsumen fandom, makalah ini membahas dampak Consumer Characteristics (CC), Innovation Characteristics (IC), dan Passive Innovation Resistance (PIR) terhadap Adoption Intention (AI). Selain itu, penelitian ini menyelidiki peran moderat dari Perceived Stimulation (PS). Hasil menunjukkan bahwa Innovation Characteristics (IC) dan Consumer Characteristics (CC) berpengaruh positif terhadap Passive Innovation Resistance (PIR). Studi ini menegaskan korelasi negatif antara Passive Innovation Resistance (PIR) dan Adoption Intention (AI), yang menunjukkan bahwa seiring dengan Peningkatan Passive Innovation Resistance (PIR), maka Adoption Intention (AI), menurun. Namun, efek moderating yang diusulkan dari Stimulasi Persepsi tidak didukung secara statistik. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman perilaku konsumen dan adopsi model bisnis di komunitas penggemar K-Pop (Indonesian MZ Gen ARMY) yang memberikan pencerahan pada faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan layanan BMI di platform Weverse.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: K-Pop, Weverse, Consumer Characteristics, Innovation Characteristics, Passive Innovation Resistance, Adoption Intention, Perceived Stimulation, Hallyu, Entertainment Industry
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Nov 2024 11:06
Last Modified: 25 Nov 2024 11:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35145

Actions (login required)

View Item View Item