Rizkianti, Faradila (2024) Studi Empiris Customer Passive Innovation Resistance dan Potensi Countermeasure untuk Niat Penggunaan Servis Weverse. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (897kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (190kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (727kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (89kB) |
Abstract
Weverse, sebuah platform komunitas penggemar terkemuka, baru-baru ini memperkenalkan empat layanan BMI baru, memicu umpan balik negatif di seluruh platform online. Untuk memahami dasar-dasar sentimen negatif di antara konsumen fandom, makalah ini membahas dampak Consumer Characteristics (CC), Innovation Characteristics (IC), dan Passive Innovation Resistance (PIR) terhadap Adoption Intention (AI). Selain itu, penelitian ini menyelidiki peran moderat dari Perceived Stimulation (PS). Hasil menunjukkan bahwa Innovation Characteristics (IC) dan Consumer Characteristics (CC) berpengaruh positif terhadap Passive Innovation Resistance (PIR). Studi ini menegaskan korelasi negatif antara Passive Innovation Resistance (PIR) dan Adoption Intention (AI), yang menunjukkan bahwa seiring dengan Peningkatan Passive Innovation Resistance (PIR), maka Adoption Intention (AI), menurun. Namun, efek moderating yang diusulkan dari Stimulasi Persepsi tidak didukung secara statistik. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman perilaku konsumen dan adopsi model bisnis di komunitas penggemar K-Pop (Indonesian MZ Gen ARMY) yang memberikan pencerahan pada faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan layanan BMI di platform Weverse.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | K-Pop, Weverse, Consumer Characteristics, Innovation Characteristics, Passive Innovation Resistance, Adoption Intention, Perceived Stimulation, Hallyu, Entertainment Industry |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 11:06 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 11:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35145 |
Actions (login required)
View Item |