Nurdinaningsih, Susi (2024) Pengaruh Penerapan Personalized Marketing Communication Bank Jago terhadap Customer Satisfaction, melalui Customer Engagement. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (12MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (903kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (425kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (684kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (872kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (321kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (330kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
|
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (212kB) |
Abstract
Bank Digital semakin berorientasi pada strategi layanan Personalized Marketing Communication dalam memenuhi preferensi dan kebutuhan setiap karakteristik individu untuk meningkatkan kepuasan nasabah pada aplikasi bank. Penelitian ini menganalisis pengaruh Personalized Marketing Communication terhadap Customer Satisfaction yang dimediasi oleh Customer Engagement di Bank Digital Jago, Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Data dikumpulkan melalui survei online dengan kuesioner yang disebar kepada 265 responden pengguna aplikasi Bank Jago. Setelah validasi, diperoleh 252 responden yang memenuhi kriteria untuk dianalisis lebih lanjut. Sampel ditarik dengan teknik purposive sampling dan hipotesis diuji dengan metode Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa Personalized Marketing Communication memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan Customer Satisfaction sebesar 46.4% dan Customer Engagement juga terbukti menjadi faktor penting dalam meningkatkan Customer Satisfaction di Bank Jago. Customer Engagement berperan sebagai mediator parsial dalam hubungan antara Personalized Marketing Communication dan Customer Satisfaction, dengan efek mediasi sebesar 43.6% berdasarkan perhitungan Variance Accounted For (VAF). Ini menunjukkan bahwa pelanggan yang lebih terlibat tidak hanya merasa lebih puas karena mendapatkan pesan komunikasi yang relevan, tetapi juga karena merasa lebih terhubung dengan aplikasi bank.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | Personalized Marketing Communication, Customer Satisfaction, Customer Engagement, Bank Digital Jago |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 11:07 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 11:07 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35146 |
Actions (login required)
View Item |