Viriyananda Susantho, Andhika (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adoption to Use Digital Financial Services: Studi Empiris pada Pengguna Bank Digital Generasi Z di Indonesia. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (466kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (355kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (515kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (192kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) |
|
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (38kB) |
Abstract
Teknologi digital yang berkembang mengubah kegiatan di berbagai bidang, termasuk bidang keuangan. Muncul layanan keuangan baru seperti bank digital, peer-to-peer lending, e-wallet, fintech, dan lain sebagainya. Pada saat penelitian ini dilakukan, terdapat kesenjangan antara tingkat awareness dan ownership antara platform keuangan digital antara satu dengan yang lainnya. Salah satunya adalah jumlah monthly active users bank digital yang masih tergolong sedikit di Indonesia, dimana saat ini lebih banyak rekening nasabah yang bersifat low usage atau bahkan inactive. Bank digital adalah model bisnis perbankan baru, tanpa kantor cabang dan semua aktivitas dilakukan serba online. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi adoption to digital financial services pada bank digital sebagai kunci dalam meningkatkan jumlah usage nasabah terhadap bank digital. UTAUT merupakan dasar teori yang digunakan pada penelitian ini Metode penelitian ini adalah kuantitatif, dimana data diperoleh dari kuesioner online sejumlah 220 responden dan diolah dengan teknik analisis Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 4.0. Temuan dari penelitian inI menunjukkan bahwa digital literacy berpengaruh negatif terhadap perceived risk yang kemudian juga berpengaruh negatif terhadap attitude towards digital financial services. Di sisi lain, komunikasi interpersonal secara langsung antara staf bank dengan nasabah juga meningkatkan perceived usefulness dan perceived trust. Meskipun bank digital tidak memiliki kantor fisik, komunikasi dengan staf bank tetap diperlukan. Selain itu, pengaruh dari kolega dan lingkungan sekitar juga mempengaruhi tingkat efikasi diri seseorang dalam mengadopsi bank digital.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | bank digital, adoption to digital financial services, digital literacy, komunikasi interpersonal |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 11:07 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 11:07 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35149 |
Actions (login required)
View Item |