Perancangan Board Game untuk Edukasi Bahasa Isyarat Indonesia pada Teman Tuli Usia Dini

Nur Fadhilah, Nadya (2025) Perancangan Board Game untuk Edukasi Bahasa Isyarat Indonesia pada Teman Tuli Usia Dini. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (188kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (747kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (176kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (117kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Difabel atau penyandang disabilitas adalah orang-orang yang memiliki keterbatasan pada dirinya secara fisik maupun mental. Salah satu dari penyandang disabilitas adalah teman tuli, yaitu sebutan bagi orang yang bermasalah pada kemampuan pendengaran sehingga terhambat dalam berkomunikasi. Hambatan yang dialami oleh para teman tuli dalam berkomunikasi dapat dikurangi dengan menggunakan bahasa isyarat. Salah satu bahasa isyarat yang mudah dan biasa dipakai oleh masyarakat teman tuli di Indonesia adalah Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO). Namun, akses pembelajaran BISINDO masih sedikit yang dipengaruhi oleh kurangnya orangtua atau wali dari teman tuli yang secara aktif mengajarkan BISINDO di lingkungan luar sekolah, misalnya di rumah. Teman tuli perlu metode pembelajaran BISINDO yang tepat dan dapat dipelajari dimana saja agar dapat menguasai BISINDO sebelum mereka beranjak dewasa. Pengenalan BISINDO bagi teman tuli berusia dini dapat melalui media edukasi. Salah satu media edukasi adalah game edukatif untuk anak usia dini. Oleh karenanya, penelitian ini berfokus pada perancangan media informasi berupa board game untuk mempelajari BISINDO bagi teman tuli usia dini. Penelitian ini menggunakan mixed method, yaitu perpaduan metode kuantitatif dan kualitatif. Kuesioner untuk beta test yang dilakukan pada permainan memory card BISINDO dalam penelitian ini, sebagian besar responden merasa mudah memahami cara bermain, dengan 70% menyatakan tidak kesulitan. Desain yang menarik, terutama ilustrasi yang jelas dan warna yang colorful, menarik minat 46,7% responden. Meskipun demikian, terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki, seperti ilustrasi yang kurang jelas, teks yang kurang informatif, dan warna yang terlalu samar, yang disoroti oleh 17,2% hingga 24,1% responden. Umpan balik ini memberikan wawasan penting untuk menyempurnakan desain dan meningkatkan kualitas permainan. Secara keseluruhan, meskipun ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki, permainan ini menunjukkan potensi yang baik untuk menarik minat pengguna target. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pengujian prototipe untuk perbaikan desain sebelum diluncurkan secara lebih luas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Board game, Bahasa Isyarat Indonesia, Teman tuli, Usia dini
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Jan 2025 10:53
Last Modified: 23 Jan 2025 10:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35777

Actions (login required)

View Item View Item