Putri Minerva, Keira (2025) Laporan Magang Peran Jurnalis dan Asisten Pengajar Pelatihan Siniar di Yayasan Mitra Netra. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (978kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (337kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (350kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Penyandang disabilitas, termasuk tunanetra, sering menghadapi diskriminasi sosial yang membatasi akses mereka ke pendidikan dan pekerjaan. Untuk mengatasi tantangan diskriminasi dan mendukung inklusi sosial, Universitas Multimedia Nusantara bekerja sama dengan Yayasan Mitra Netra untuk menyelenggarakan pelatihan pembuatan siniar yang dirancang guna memberdayakan tunanetra. Program ini mendapat dukungan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) serta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Penulis memilih magang di Yayasan Mitra Netra untuk mengaplikasikan teori jurnalistik dan keterampilan audio storytelling yang telah dipelajari selama perkuliahan, serta berkontribusi menciptakan dampak positif bagi komunitas tunanetra. Selama magang, penulis bertanggung jawab dalam beberapa aspek, termasuk pembuatan modul audio tentang teknik olah vokal, pengajaran peserta pelatihan, dokumentasi kegiatan, dan produksi konten jurnalistik berupa artikel serta video dokumenter. Penulis menghadapi beberapa kendala selama magang, termasuk kesulitan dalam berkomunikasi dengan tunanetra, tantangan mengatur waktu antara dokumentasi dan pendampingan peserta, miskomunikasi terkait publikasi konten di media sosial, kesulitan menghubungi narasumber, serta perbedaan pendapat mengenai nama siniar yang akan digunakan. Untuk mengatasi kendala tersebut, penulis memperbanyak interaksi untuk meningkatkan pemahaman tentang cara komunikasi dengan tunanetra, membagi tugas dokumentasi secara efisien dengan tim, dan melakukan koordinasi intensif dengan pihak internal ataupun eksternal. Proses brainstorming juga dilakukan untuk menentukan nama siniar baru yang menggantikan nama sebelumnya. Melalui pengalaman ini, penulis belajar pentingnya kerja sama tim, komunikasi yang efektif, dan fleksibilitas dalam mengelola berbagai tanggung jawab. Interaksi dengan para tunanetra juga memperkaya pemahaman penulis tentang inklusi sosial, potensi luar biasa yang dimiliki tunanetra, dan peran media inklusif dalam memberdayakan mereka.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | audio storytelling, disabilitas, pelatihan, siniar, tunanetra xi Laporan Magang Peran Jurnalis dan Asisten Pengajar Pelatihan Siniar di Yayasan Mitra Netra, Keira Putri Minerva, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | ?? PN4699-5650 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 12:54 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 12:54 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |