Marsel Setiawan, Marvellous (2025) Perancangan Kampanye untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Gawai Elektronik Produksi Lokal. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (129kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (3MB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (155kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (116kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pasar gawai di Indonesia telah didominasi oleh merek asing dan produk impor, hal ini mengakibatkan beberapa permasalahan pada industri TI, isu seperti gawai produksi lokal yang kesulitan untuk bersaing dengan merek global dan ketidakpercayaan konsumen terhadap gawai lokal. Berbagai pihak telah melakukan upaya untuk meningkatkan daya saing produk lokal, seperti kebijakan dan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah serta upaya promosi dan marketing yang dilakukan oleh pasar pihak ketiga. Tetapi, tidak ada upaya yang berhasil dalam mencapai tujuan, dikarenakan adanya beberapa masalah dan kekurangan dalam strategi yang diterapkan. Untuk mendapatkan informasi dan data lebih lanjut mengenai kondisi produk merek lokal dalam pasar gawai, persepsi masyarakat terhadap merek lokal, dan bagaimana menciptakan kampanye yang lebih efektif dan efisien, penulis mengadakan beberapa interview yang mendalam, sebuah focus group discussion, dan penyebaran kuesioner. Perancangan kampanye ini dilakukan sebagai suatu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap gawai lokal, dan mengubah persepsi bahwa produk lokal tidak bisa bersaing dengan produk global. Media utama dari kampanye ini merupakan sebuah website yang menyediakan informasi mengenai produk lokal yang ada dan melakukan persuasi agar partisipan kampanye ini menggunakan gawai produksi lokal. Pembelajaran yang didapatkan dari tugas akhir ini di antara lain memahami ilmu seputar gawai, terutama dari merek lokal di Indonesia, mengorganisir sebuah kampanye sosial, dan membuat sebuah website sebagai media utama dalam penyebaran informasi, mendorong aksi, dan persuasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | gawai, perangkat elektronik, produk lokal, kampanye, website |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 10:54 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 10:54 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35939 |
Actions (login required)
View Item |