Efektivitas Teknik Storytelling terhadap FYP Digitec dan Firstwish

Alexander Arnesto, Jovian (2024) Efektivitas Teknik Storytelling terhadap FYP Digitec dan Firstwish. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (780kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (861kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (931kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (776kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (9MB)

Abstract

Kehadiran media sosial seperti TikTok telah mempengaruhi cara masyarakat dalam mencari informasi, hiburan, dan promosi produk. Fitur For Your Page dari TikTok merupakan algoritma yang disesuaikan dengan preferensi pengguna, menjadikannya platform yang efektif untuk pemasaran. Penelitian ini menganalisa efektivitas teknik storytelling pada kedua konten dari brand Digitec dan Firstwish yang dikembangkan oleh Sinii Digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan analisa kualitatif dan kuantitatif untuk mengukur tingkat interaksi pengguna (views, likes, shares, dan comments) melalui rumus tingkat interaksi dari Haro-de-Rosario. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik storytelling yang melibatkan elemen emosioanl dan humor pada konten Firstwish menghasilkan jumlah tayangan yang tinggi secara keseluruhan meskipun jumlah tingkat interaksi lebih rendah. Sebaliknya konten Digitec yang lebih fokus pada fitur produk, menghasilkan rasio interaksi yang lebih tinggi meskipun tayangannya lebih sedikit. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa storytelling efektif dalam memberikan empatif, emosional, dan hiburan sehingga mampu meningkatkan engagement dan jangkauan konten di TikTok. Hasil ini memberikan pandangan bagi industri digital dalam mengembangkan konten yang viral serta relevan di media sosial.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Storytelling, TikTok, Media Sosial, Sinii Digital
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 26 Jan 2025 13:05
Last Modified: 26 Jan 2025 13:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36041

Actions (login required)

View Item View Item