Pembuatan Board Game ���Patriot Siaga��� untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 5 di SDN 01 Situregen dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Gempa Bumi & Tsunami

Cindy, Cindy (2025) Pembuatan Board Game ���Patriot Siaga��� untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 5 di SDN 01 Situregen dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Gempa Bumi & Tsunami. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (915kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (791kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (905kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (398kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (585kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Dalam konteks kebencanaan, anak-anak khusus kelompok yang rentan akibat keterbatasan mereka dalam mengakses dan mengikuti langkah-langkah mitigasi bencana. Penulis melihat urgensi untuk mengedukasi anak-anak di Di Desa Situregen, desa ini belum pernah terpapar informasi gempa dan tsunami. Oleh karena itu, diperlukan sistem yang memanfaatkan penggunaan media pembelajaran, salah satunya adalah board game. Tujuan karya ini adalah untuk membuat board game yang bernuansa seru dan menarik guna mengedukasi kesiapsiagaan gempa dan tsunami bagi anak-anak di Kampung Cisiih, Situregen. Metode yang digunakan dalam perancangan karya adalah wawancara dan melihat referensi skripsi karya sebelumnya. Hasil penelitian berdasarkan pre-test dan post-test, evaluasi tim, dan wawancara dengan GMLS menunjukkan bahwa board game Patriot Siaga efektif dalam meningkatkan kesiapsiagaan anak dalam menghadapi tsunami. Board game Patriot Siaga sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan pengetahuan anak-anak terkait kesiapsiagaan gempa dan tsunami seperti pemahaman konsep mitigasi dan langkah-langkah yang harus diambil saat menghadapi situasi gempa dan tsunami. Hal ini dikarenakan board game yang dikemas dengan aspek komunikasi tepat yaitu board game didesain secara menarik dan interaktif sesuai dengan usia anak-anak.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: board game, mitigasi, tsunami, media pembelajaran, anak-anak
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 26 Jan 2025 13:13
Last Modified: 26 Jan 2025 13:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36077

Actions (login required)

View Item View Item