Perancangan Card Game ���Siaga Bencana (SIB) Gempa Bumi & Tsunami��� sebagai Media Edukasi Mitigasi Bencana dalam Kegiatan "Sobat Siaga Tsunami��� di SDN 3 Situregen

Sutanto, Chelsy (2025) Perancangan Card Game ���Siaga Bencana (SIB) Gempa Bumi & Tsunami��� sebagai Media Edukasi Mitigasi Bencana dalam Kegiatan "Sobat Siaga Tsunami��� di SDN 3 Situregen. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (620kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (296kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (521kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (478kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (204kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia yang berada di wilayah Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire dengan risiko bencana alam tertinggi urutan kedua di dunia. Desa Situregen mempunyai potensi terjadinya gempa megathrust dan tsunami dengan ketinggian 15-20 meter karena terletak berdekatan dengan Selat Sunda dan berbatasan langsung dengan tepi laut. Tentunya, bencana alam dapat menimbulkan banyak korban jiwa dan kerusakan material sehingga penting untuk meningkatkan literasi kebencanaan masyarakat terutama anak-anak yang menjadi kelompok rentan. Peningkatan literasi kebencanaan dapat dilakukan secara soft power melalui pengembangan komunikasi bencana dengan media pembelajaran berupa kartu permainan. Karya ini dirancang sebagai upaya untuk meningkatkan literasi kebencanaan dengan mengajak anak-anak terutama peserta didik kelas 4 di SDN 3 Situregen menjadi agen komunikasi bencana sejak dini. Dengan metode interaktif, kartu permainan "Siaga Bencana (SIB) Gempa Bumi & Tsunami" dapat mendorong rasa semangat belajar dan mempermudah daya ingat anak melalui bantuan visual. Kartu permainan "Siaga Bencana (SIB) Gempa Bumi & Tsunami" ini menjadi salah satu kegiatan pendukung dalam acara "Sobat Siaga Tsunami". Keseluruhan perancangan karya ini berdasar kepada model ADDIE. Hasil evaluasi karya ini menunjukkan bahwa seluruh peserta didik memberikan respon positif dan menyukai karya ini berdasar kepada hasil evaluasi produk. Selain itu, terjadi peningkatan pemahaman siswa sebesar 31.4% melalui hasil pre test dan post test.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Literasi Kebencanaan, Mitigasi Bencana, Media Pembelajaran Interaktif, Kartu Permainan, Model ADDIE, Desa Situregen
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 26 Jan 2025 13:14
Last Modified: 26 Jan 2025 13:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36084

Actions (login required)

View Item View Item