Jane, Louisa (2025) Perancangan 2D Game mengenai Peran Saksi pada Perundungan untuk Remaja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (922kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (125kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (191kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (114kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Fenomena perundungan kerap masih terjadi pada lingkungan sekolah di Indonesia. kasus perundungan mengalami penaikan dengan paling banyak terjadi pada jenjang sekolah menengah. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah kurangnya partisipasi peran saksi untuk mencegah dan menghentikan perundungan. Pada kenyataannya, peran saksi selalu ada pada lingkungan sekitar kejadian perundungan, seperti dalam lingkungan kelas atau sekolah. Peran saksi dapat menjadi aspek pengindentifikasi perundungan yang tidak terlihat secara dini dan mencegahnya sebelum memburuk. Perilaku peran saksi juga dapat menjadi penentu jalannya kejadian perundungan yang sedang berjalan. informasi mengenai perundungan yang lengkap biasa ditemukan dalam bentuk buku cetak/digital atau website. Media informasi yang menyampaikan informasi mengenai perundungan belum ada yang memberikan informasi lebih mengenai peran saksi beserta pemahaman dengan simulasi. Oleh karena itu, diperlukan media informasi interaktif yang dapat menyampaikan informasi mengenai perundungan yang berfokus pada peran saksi. Untuk memperoleh data, penulis melakukan metode penelitian seperti wawancara, focus discussion group, kuesioner, studi referensi beserta studi eksisting. Berdasarkan hal tersebut, penulis merancang Interactive Storytelling berupa perancangan 2D Game "Bystander's First Step" mengenai peran saksi pada perundungan untuk remaja sebagai media pemahaman untuk meningkatkan pemahaman peran saksi akan penanganan fenomena perundungan di sekitarnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Interactive Storytelling, Perundungan, Peran Saksi |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 01 Feb 2025 11:09 |
Last Modified: | 01 Feb 2025 11:09 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36268 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |