Rachman Adhifa, Ahimsa (2025) Identifikasi Perilaku Cyberbullying Antar Pemain dalam Valorant. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (3MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (584kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (532kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (378kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (360kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (332kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Valorant merupakan game online yang dirilis untuk platform konsol dan juga PC pada tahun 2020. Game ini menjadi tenar dikalangan pemain khususnya mereka yang menyukai permainan dengan genre competitive first person shooter karena gameplay permainan ini yang segar dan baru. Akan tetapi Valorant sendiri memiliki berberapa masalah salah satunya adalah maraknya perundungan antar pemain dalam permainan ini. Peristiwa ini biasa disebut dengan istilah cyberbullying. Penelitian ini menggunakan konsep cyberbullying oleh Safaria. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa semua informan pernah menjadi korban cyberbullying ketika sedang bermain Valorant baik dalam lingkungan permainan dan juga lingkungan komunitas Valorant yaitu komunitas Valorant Indonesia Community atau VIC. Satu informan terkena flaming atau penggunaan kata-kata yang kasar dan merendahkan seperti kata hewan, alat kelamin, dan juga SARA. Satu informan juga terkena flaming dan juga doxxing atau pembocoran data pribadi korban. Satu informan yang korban sekaligus pelaku cyberbullying juga menuturkan bahwa penyebab utama dari perilaku ini adalah rasa superioritas individu atau kelompok kepada pemain lain yang kemampuan bermainnya dibawah mereka. Selain itu pelaku ini juga sering kali menggunakan metode flaming dengan cara menghardik anggota tim sendiri atau lawan dengan kata- kata kasar seperti nama hewan atau alat kelamin dengan tujuan merendahkan target cyberbullying.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | game online, Valorant, cyberbullying, studi kasus |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 01 Feb 2025 11:13 |
Last Modified: | 01 Feb 2025 11:13 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36284 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |