Optimalisasi Operasional B2B melalui Business Intelligence di PT Global Tiket Network

Ilone Hadinata, Faustine (2025) Optimalisasi Operasional B2B melalui Business Intelligence di PT Global Tiket Network. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (749kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (709kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (21MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

PT Global Tiket Network atau tiket.com, sebagai salah satu agen perjalanan daring terbesar di Indonesia, menghadapi tantangan dalam mengelola dan mengolah sejumlah besar data operasional yang ada. Tanpa sistem yang tepat, data ini sulit dimanfaatkan dalam mendukung pengambilan keputusan bisnis. Proses pengolahan data yang efisien membutuhkan penerapan sistem basis data dan peran Business Intelligence (BI) guna mengubah data mentah menjadi wawasan yang relevan. Solusi yang diterapkan oleh tiket.com adalah dengan melibatkan pengolahan dan analisis data secara real-time melalui dashboard interaktif, sehingga memungkinkan pemantauan performa secara langsung. Dengan pemanfaatan BI, strategi bisnis perusahaan dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan tren yang sedang berkembang. Dengan begitu, hal ini juga dapat membantu meningkatkan kecepatan pengambilan keputusan oleh para pemangku kepentingan. Dalam hal ini, peserta magang berperan aktif dalam mendukung proses pengolahan dan analisis data pada tiket.com. Selain itu, peserta magang juga turut berkontribusi dalam memvisualisasikan data, sehingga informasi disajikan relevan sesuai dengan tim yang dituju. Pengalaman ini memberikan kesempatan bagi peserta magang dalam mengembangkan keterampilan teknis dan analitis, sekaligus memahami secara langsung bagaimana Business Intelligence diterapkan dalam pengambilan keputusan strategis di industri perjalanan daring.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Business Intelligence, Dashboard, Data, Perjalanan
Subjects: ?? T70 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Feb 2025 13:03
Last Modified: 02 Feb 2025 13:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36360

Actions (login required)

View Item View Item