Dewi, Serlinia (2016) Strategi komunikasi internal relations fif group 2015 dalam menanamkan budaya perusahaan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai strategi komunikasi internal relations FIF Group 2015 dalam menanamkan budaya perusahaan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dinamika bisnis yang membuat perusahaan terus mempertahankan posisinya, tidak luput juga bisnis financial yang memiliki perputaran bisnis yang sangat dinamis. Perkembangan bisnis perusahaan ditentukan oleh perilaku anggota perusahaan (karyawan). Salah satu strateginya adalah dengan menanamkan budaya berupa nilai perusahaan secara konsisten kepada karyawan. Agar budaya perusahaan dapat terinternalisasikan dengan baik, maka dibutuhkan fungsi komunikasi internal untuk mengkomunikasikannya kepada seluruh karyawan. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan konsep Research, Objective, Programming, and Evaluation (ROPE) oleh Jerry A. Hendrix & Darrell C. Hayes. Penelitian berjenis kualitatif deskriptif, serta menggunakan metodologi studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mandalam dan studi pustaka. Keabsahan data diuji dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan program penanaman budaya perusahaan disebut sebagai culture day, yang fokus kepada upaya dalam penanaman nilai perusahaan dalam setiap diri karyawan FIF Group secara berkala dan berkelanjutan, yaitu dilakukan setiap hari Senin di awal bulan. Yang didukung dengan media internal untuk mengkomunikasikannya seperti pamphlet, poster, intranet dan bulletin Astra. Meskipun aktivitas dan fungsi internal yang dilakukan FIF Group sudah efektif, namun efektifitas dari program ini belum terukur secara terperinci. Budaya yang sudah menjadi bagian yang tertanam kuat dalam diri karyawan harus terus dijaga dengan program komunikasi internal yang berkesinambungan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 304 Factors affecting social behavior |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Jul 2017 02:17 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 02:19 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/370 |
Actions (login required)
View Item |