Perancangan Board Game Kolaboratif Pola Komunikasi Keluarga antara Orang Tua dan Remaja

Catherine Salim, Anastasia (2025) Perancangan Board Game Kolaboratif Pola Komunikasi Keluarga antara Orang Tua dan Remaja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (873kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (257kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (126kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pola komunikasi keluarga merupakan cara dimana anggota keluarga berkomunikasi dan saling berinteraksi satu sama lain. Dengan adanya komunikasi keluarga, dapat menciptakan suasana yang penuh kasih sayang, kerja sama, kepercayaan serta saling terbuka terhadap pendapat maupun perasaan setiap anggota keluarga. Walaupun demikian seiring berjalannya waktu, terutama saat anak mulai beranjak dewasa, keluarga cenderung menemukan hambatan dalam berkomunikasi, seperti terjadi miskomunikasi, perbedaan pendapat, prinsip hidup yang berbeda serta dalam cara memandang sebuah permasalahan. Selain itu, ditemukan pula kurangnya pemahaman dan kesibukan menjadi salah satu faktor penghambat dalam keluarga untuk berkomunikasi. Meninjau masalah tersebut, penulis bermaksud memberikan solusi berupa perancangan board game kolaboratif pola komunikasi keluarga antara orang tua dan remaja. Permainan papan yang dirancang untuk menghubungkan kembali benang merah komunikasi keluarga yang dapat menjembatani masalah yang disebabkan oleh hambatan komunikasi akibat jadwal yang padat. Melalui permainan ini diharapkan orang tua dan remaja dapat berkumpul diruang yang sama, mendorong komunikasi bermakna serta menciptakan rutinitas interaksi yang lebih baik. Tugas akhir dirancang berdasarkan metode perancangan yang tertulis dalam buku "Game Design Workshop 5th Edition" karya Tracy Fullerton (Generate Ideas, Formalize Ideas, Test Ideas, dan Evaluate Result). Melalui perancangan ini diharapkan keluarga dapat memahami masing-masing sudut pandang anggota keluarga dalam berkomunikasi, untuk bisa saling menghargai dan mempererat relasi satu sama lain.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Komunikasi Keluarga, Remaja, Orang Tua, Board Game, Interaktif
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:44
Last Modified: 01 Jul 2025 07:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37488

Actions (login required)

View Item View Item